nusabali

Lakalantas Meningkat, Polres Gianyar Imbau Masyarakat Tertib Lalu Lintas

Operasi Patuh Agung 2024

  • www.nusabali.com-lakalantas-meningkat-polres-gianyar-imbau-masyarakat-tertib-lalu-lintas

GIANYAR, NusaBali - Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar Operasi Patuh 2024, di Provinsi Bali Polda Bali menggelar Operasi Patuh Agung 2024.

Untuk memastikan kesiapan anggota, Kepolisian Resor Gianyar menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Patuh Agung 2024 yang digelar di Lapangan Apel Endra Dharma Laksana Mapolres Gianyar, Senin (15/7).

Kapolres Gianyar, AKBP Umar langsung memimpin apel gelar pasukan yang dihadiri oleh jajaran pejabat utama Polres Gianyar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Gianyar Ida Bagus Putu Suamba, Kasatpol PP Gianyar I Made Watha, Dinas Perhubungan, TNI, serta Palang Merah Indonesia.

Dalam sambutannya, Kapolres menekankan akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Menurut data yang dihimpun oleh Ditlantas Polda Bali, sepanjang tahun 2023 di Provinsi Bali telah terjadi sebanyak 7.466 kali kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 655 orang. Angka ini mengalami peningkatan cukup signifikan hampir dua kali lipat dari jumlah angka lakalantas yang terjadi pada tahun 2022 sebanyak 3.692 kejadian, yang mengakibatkan korban jiwa sebanyak 508 orang.

Peningkatan jumlah lakalantas yang terjadi sangat berkorelasi dengan peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas selama dua tahun terakhir. Selama tahun 2023 terjadi sebanyak 177.425 kali pelanggaran. Jumlah ini meningkat sebesar 22% dari jumlah pelanggaran tahun 2022 sebanyak 144.841 kali pelanggaran. 

Selama ini lakalantas yang terjadi di sekitar kita disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor kendaraan, faktor lingkungan dalam hal ini kondisi jalan maupun cuaca dan tentunya faktor manusia itu sendiri. Harus diakui bahwa faktor manusia menjadi penyebab terbesar terjadinya lakalantas, baik karena melakukan pelanggaran atau tidak tertib dalam berlalu lintas. Tidak hanya masyarakat lokal, pelanggaran lalu lintas juga semakin ditambah oleh perilaku warga negara asing yang berada di Bali.

"Kami Kepolisian Resor Gianyar menggelar Operasi Patuh Agung 2024 dengan melibatkan 126 personel kepolisian yang dibagi ke beberapa satgas," ujarnya saat ditemui usai apel Operasi Patuh Agung 2024.

Masyarakat diimbau untuk mentaati aturan lalu lintas, khususnya melengkapi berkas-berkas berkendara dan kendaraan serta menggunakan alat-alat keselamatan. "Masyarakat kami imbau agar tertib dalam berlalu lintas, untuk mencegah fatalitas kecelakaan di jalan raya," tandasnya. 7 nvi

Komentar