nusabali

Argentina 16 Kali Juara Copa America

  • www.nusabali.com-argentina-16-kali-juara-copa-america

Trofi itu menjadi gelar ke-16 bagi Argentina, sekaligus mengukuhkan diri sebagai negara paling banyak meraih gelar dan mengungguli Uruguay 15 kali juara. Kini Argentina juga memenangi tiga turnamen besar beruntun, usai juara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022.

FLORIDA, NusaBali
Argentina keluar sebagai juara Copa America 2024 di Amerika Serikat, setelah di laga final mengalahkan Kolombia 1-0, di Stadion Sun Life, Florida, Senin (16/7) pagi Wita. Gol kemenangan Argentina dicetak Lautaro Martinez dalam babak tambahan waktu (112').

Trofi Copa America itu menjadi gelar ke-16 bagi Argentina, sekaligus mengukuhkan diri sebagai negara paling banyak meraih gelar dan mengungguli Uruguay. Raihan juara itu menjadikan Tango memenangi tiga turnamen besar beruntun setelah juara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022.

Sedangkan Lionel Messi sukses meraih trofi Copa America kedua sepanjang kariernya, setelah pada 2021. Messi sendiri tidak main penuh. Dan, gol Argentia juara dicetak Lautaro Martinez pada perpanjangan waktu..

Messi sendiri ditarik keluar pada menit ke-66 karena cedera, hingga sampai menangis. Kakinya tampak dalam balutan es, dan mengalami cedera seiur. Namun saat Argentina memastikan gelar juara, Lionel Messi berubah jadi tertawa gembira. 

Dia langsung merayakan sukses Argentina dengan staf kepelatihan Argentina dan pemain di bangku cadangan. Momen gembira itu turut memantik emosional Angel Di Maria. Dia juga tampak menangis saat ditarik keluar pada babak kedua perpanjangan waktu. 

Disebutkan Copa America 2024 akan jadi momen penampilan terakhir Di Maria, bersama Argentina. Bareng Messi, Di Maria juga masuk skuad Argentina saat juara Piala Dunia 2022 Qatar. Pahlawan kemenangan, Lautaro Martinez juga ikut menangis saat peluit tanda berakhirnya laga ditiup wasit. 

Dengan berakhirnya Copa America 2024, kini Argentina tercatat sebagai tim yang mendominasi gelar juara sebanyak 16 kali, dan mengungguli Uruguay 15 kali juara.

Sedangkan striker senior Kolombia James Rodriguez meraih penghargaan pemain terbaik Copa America 2024. Rodriguez mencatat sejarah sebagai pemain pertama yang mencatat enam assist dalam satu edisi Copa America. Bahkan, catatan itu melampaui rekor enam assist dari Messi pada Copa America 2021.

Pada turnamen kali ini, bukan Messi yang menjadi top skorer. Namun, Lautaro Martinez dari Argentina yang membukukan gol terbanyak dengan lima gol. Penghargaan berikutnya juga diraih Argentina lewat  Emiliano Martinez sebagai Kiper Terbaik.

Kemenangan Argentina di final Copa America 2024 mematahkan tren tidak terkalahkan Kolombia dalam 28 pertandingan. Menurut ESPN, rekor itu terpanjang di dunia sepak bola.  La Tricolor, julukan Kolombia, mencatatkan rekor sejak Maret 2022, saat menang 3-0 atas Bolivia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejak itu Kolombia mencatatkan 22 kemenangan dan enam kali imbang hingga Juli 2024. Meski tidak terkalahkan dalam sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kolombia gagal lolos ke Qatar setelah menempati peringkat keenam klasemen zona Conmebol.

Menariknya, sebelum Kolombia membuat rekor tidak terkalahkan dalam 28 laga di semua ajang, mereka menelan kekalahan terakhir saat takluk 0-1 dari Argentina di kualifikasi. La Albiceleste juga menghentikan rekor sensasional Kolombia dengan tidak terkalahkan dalam 28 laga pada 15 Juli 2024.

Sementara itu, kickoff laga final Copa America sempat tertunda 30 menit karena penonton ricuh di luar stadion. Akibatnya, para pemain Argentina dan Kolombia terpaksa kembali ke ruang ganti meski telah pemanasan karena penonton rusuh itu.

"Diberitahukan pertandingan ini ditunda selama 30 menit, mulai pukul 8.30 malam waktu setempat," umum penyelenggara via X.

Menurut penyelenggara, kekacauan terjadi karena para penonton yang tak memiliki tiket memaksa masuk stadion. Panitia menegaskan, hanya pemilik tiket yang boleh masuk begitu akses dibuka. ant

Pemain Peraih Penghargaan 
Pemain Terbaik : James Rodriguez (Kolombia)
Kiper Terbaik :  Emiliano Martinez (Argentina) 
Top Skorer : Lautaro Martinez (Argentina)
Tim Fair Play : Kolombia

Komentar