nusabali

KIM Plus Uji Elektabilitas Kandidat Cabup-Cawabup Gianyar

  • www.nusabali.com-kim-plus-uji-elektabilitas-kandidat-cabup-cawabup-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Enam bakal calon bupati-calon wakil bupati untuk Pilkada Gianyar 2024 menyatakan siap untuk uji elektabilitas alias disurvei oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Kabupaten Gianyar. Selain melaksanakan survei kandidat, KIM Plus yang dimotori Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PSI dan plus Partai NasDem, juga sepakat menyiapkan desain baliho untuk kepentingan sosialisasi bagi para kandidat.

Hal itu terungkap dalam rapat lanjutan KIM Plus Gianyar di Sekretariat KIM Plus, Kantor DPD II Golkar Gianyar, Jalan Anusapati Nomor  7 Gianyar, Senin (15/7). Rapat dipimpin Ketua KIM Plus yang juga Ketua DPD II Golkar Gianyar, Kadek Era Sukadana. Rapat partai koalisi pengawal pemerintahan Prabowo-Gibran ini dihadiri jajaran pengurus KIM Plus, para kandidat cabup/cawabup yang siap disurvei.

Era Sukadana menjelaskan, rapat koalisi kemarin untuk menajamkan perjuangan KIM Plus dalam menghadapi Pilkada Gianyar 2024. Terlebih lagi, enam kandidat yang telah dua kali diajak rapat itu menyatakan dukungan dan kesanggupannya untuk disurvei. “Yang pasti, progres kerja KIM Plus ini berjalan sangat terukur dan solid,” jelas politisi asal Lingkungan Padangtegal, Kelurahan Ubud, ini.  

Sementara Sekretaris KIM Plus yang juga Ketua DPC Gerindra Gianyar, I Wayan Tagel Arjana menyatakan kebanggaannya terhadap perjuangan KIM Plus. Menurutnya, setelah beberapa kali rapat menunjukkan komitmen KIM Plus makin kuat berkomit dan juga konsisten untuk menjaring dan menyaring bakal cabup/cawabup yang akan diusung pada Pilkada Gianyar nanti. “Kami bangga karena teman-teman di KIM Plus makin bersemangat untuk menyongsong Pilkada,” jelas politisi asal Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, ini. 

Rapat kemarin juga memutuskan pembentukan Tim Sosialisasi Kandidat KIM Plus Kabupaten Gianyar yang dikomandani Ida Bagus Gaga Adi Saputra alias Gus Gaga yang notabene kader Partai Demokrat.  

Gus Gaga dalam tugasnya dibantu Ketua I I Made Suteja, Ketua II I Ketut Astawa Suyasa, Ketua III Listyono Yusuf. Sementara posisi Sekretaris dipercayakan kepada I Made Togog dibantu Sekretaris I I Gusti Putu Suandi, dan Sekretaris II Gusti Ngurah Putra (Ajik Naga). Tim ini akan dilengkapi bidang – bidang dari unsur perwakilan KIM Plus.
 
Ketua II, I Ketut Astawa Suyasa menegaskan, jika mengacu waktu yang pendek sampai ke Pilkada, maka KIM Plus harus bergerak cepat dengan jadwal dan progres yang pasti. Kelanjutannya, KIM harus bergerak fokus ke teknis, antara lain terkait penjaringan kandidat, sosialisasi, survei kandidat, lanjut nanti menuju strategi pemenangan. 

“Jika pendaftaran terakhir pasangan calon 28 Agustus, maka kita harus makin matang dengan segala persiapan,” ujar politisi asal Desa Serongga, Kecamatan Gianjar, ini.

Sebaliknya, Sekretaris Tim Sosialisasi Kandidat yang politisi Partai Golkar I Made Togog menekankan kepada kandidat untuk selalu berkoordinasi dengan jajaran KIM Plus, terkait bersosialisasi, menggalang pertemuan di tingkat kecamatan serta keperluan lainnya. 

Dia juga menekankan KIM Plus untuk segera membuat desain baliho kandidat bersama dan baliho personal. Semua baliho yang dipasang dengan menyertakan foto ikon calon Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo. “Intinya, KIM Plus bersama enam kandidat ini terus bergerak hingga dapat memastikan bahwa Pilkada Gianyar nanti tak ada pertarungan dengan kotak kosong,’’ tegasnya.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, I Made Dauh Wijana yang hadir selaku kandidat menambahkan, pemasangan baliho bersama maupun personal kandidat itu merupakan hal prinsip dalam hajatan pilkada. Namun, setiap baliho yang dipasang atau yang dipublikasikan ke media mesti berpegang pada kaidah-kaidah politik, etika, sopan santun, dan tidak merusak pemandangan atau lingkungan.

Sebelumnya diberitakan, KIM Plus Kabupaten Gianyar terus bergerak untuk menjaring figur bacabup dan bacawabup Gianyar pada Pilkada 27 November 2024 mendatang. KIM Plus mulai membuka pendaftaran figur bacabup/bacawabup, Minggu (7/7). 

Ada enam figur magarus (memulai) pendaftaran. Mereka adalah, pengusaha dan panglingsir Puri Agung Blahbatuh, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Anak Agung Alit Kakarsana. Kemudian muncul I Wayan Tagel Arjana yang merupakan Ketua DPC Gerindra Gianyar. 

Tagel Arjana pengalaman sebagai anggota DPRD Gianyar satu periode dan anggota DPRD Bali dua periode. Selanjutnya, ada I Made Dauh Wijana, politisi asal Desa/Kecamatan Tegallalang, yang saat ini memegang posisi Sekretaris DPD I Partai Golkar Bali. 

Selanjutnya, mendaftar juga Dewa Gede Joni Astabrata yang notabene putra mantan Gubernur Bali 2 periode Dewa Made Berata asal Lingkungan/Banjar Teges Kangin, Kelurahan/Kecamatan Gianyar. Dewa Joni sendiri mantan birokrat di Pemkab Badung. 

Kemudian mendaftar juga mantan Sekda Gianyar asal Lingkungan/Banjar Teges Kangin, Kelurahan/Kecamatan Gianyar Ir Made Wisnu Wijaya Msi dan pengusaha asal Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Dr I Nyoman Diana. lsa

Komentar