nusabali

Pura Puseh Tertimpa Pohon, 4 Palinggih Rusak

  • www.nusabali.com-pura-puseh-tertimpa-pohon-4-palinggih-rusak

TABANAN, NusaBali - Pura Puseh Desa Adat Karyasari, di Desa Karyasari, Kecamatan Pupuan, Tabanan, tertimpa pohon. Akibatnya empat palinggih rusak. Kejadian ini sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan.

Ketua BPD Karyasari I Gede Sutariasa mengatakan pohon tumbang sebenarnya terjadi pada Jumat (12/7/2024) lalu. Pohon yang tumbang jenis Bunut ini karena angin kencang. “Kejadian sudah 12 Juli lalu karena angin kencang,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Selasa (16/7). 

Akibat kejadian tersebut empat palinggih rusak. Palinggih yang rusak adalah, 1 palinggih Gedong Siwa, 1 Bale Pangkung, dan 2 palinggih biasa. Dari empat pelinggih ini satu pelinggih yang rusak berat, tiga lainnya rusak ringan. “Diameter dari pohon bunut ini lumayan besar. Namun palinggih tidak sampai ambruk,” tegasnya. 

Kondisi ini, menurut Sutariasa telah dilakukan pembersihan oleh krama setempat. Bahkan telah dilaporkan ke BPBD Tabanan untuk mendapat penanganan perbaikan. “Surat laporan segera kami kirim supaya bisa dibantu dalam hal perbaikan,” katanya. 

Terpisah Kepala Pelaksana BPBD Tabanan I Nyoman Sri Nadha Giri menegaskan laporan pohon tumbang sudah diterima tanggal 13 Juli lalu. Bahkan tim pun telah siap untuk berangkat. 

Hanya saja karena krama belum mapekeling, oleh BPD Karyasari penanganan bakal dilakukan oleh masyarakat setempat saja. “Saat ini kami tengah menunggu laporan fisik. Setelah itu akan cek dan verifikasi untuk bisa mendapat bantuan. Tapi dari gambar kami lihat pohon yang tumbang tidak besar sekali,” tandas Sri Nadha Giri. 7 des

Komentar