nusabali

Tim Basket Putri Gelar Latihan 10 Kali Sepekan

  • www.nusabali.com-tim-basket-putri-gelar-latihan-10-kali-sepekan

DENPASAR, NusaBali - Salah satu cabang olahraga (cabor) yang berpotensi menyumbangkan medali untuk Bali di PON XXI 2024 Aceh dan Sumatera Utara adalah basket. Namun basket memiliki tantangan berat, sebab 100 persen pemain di basket putri 5x5 sudah berganti.

Tidak ada lagi Ni Putu Eka Liana hingga Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi. Peran mereka digantikan oleh pemain-pemain baru yang pertama kalinya merasakan atmosfer di PON XXI 2024. 

"Di basket 5x5, jadi tantangan tersendiri karena 100 persen pemain baru. Tapi kami masih optimis dan terus berjuang," terang Pelatih Tim Basket Putri PON Bali I Kadek Darmawan belum lama ini.

Persiapan sendiri sudah dilakukan sejak Februari lalu. Kebetulan sebagian besar pemain adalah bagian dari Merpati Bali sehingga sesi latihan lebih mudah dilakukan.

Sebelum TC Sentralisasi yang dilakukan KONI Bali, sesi latihan hanya dua kali seminggu sejak Februari 2024. Sekarang Darmawan menerapkan latihan intens dengan 10 kali seminggu di GOR Merpati. Masih banyak kekurangan menurut Darmawan yang harus dibenahi. 

"Perkembangan sebenarnya sudah memasuki 70 persen. Tapi masih ada yang perlu diperbaiki seperti taktik, strategi, defense, mental, dan komunikasi," ucap pelatih asal Gianyar tersebut.

Dia pun sudah mengagendakan try ini. Lawannya adalah tim basket putra U-14 atau U-16. Ini dilakukan untuk bisa mengasah kemampuan Putu Kezia Angelia Setiawan dkk. "Tantangan berat di PON nanti. Sekarang tergantung anak-anak saja. Mereka mau hasil lebih baik atau tidak. Mereka mau menang atau tidak," tegasnya.

Lalu bagaimana dengan 3x3? Menurut Darmawan, peluang di basket 3x3 sebenarnya lebih besar dibandingkan dengan 5x5. Hal ini karena alumni perak di PON XX 2021, masuk ke 3x3. Mereka ada Mita Istinawati, Made Dita Pramesti Sandradewi, Adlina Nabila Majid, dan Ni Made Hilda Meira. "Kalau peluang sebenarnya sama baik itu 3x3 atau 5x5.

Tapi di 3x3 ada alumni perak di PON XX Papua. Di BK PON tahun lalu, 3x3 Bali juga sapu bersih pertandingan. Mereka bisa menang dibawah 10 menit karena unggul langsung 21 poin," pungkasnya. 7 dar

Komentar