nusabali

Gibran Rakabuming Raka Resmi Mengundurkan Diri sebagai Walikota Surakarta

  • www.nusabali.com-gibran-rakabuming-raka-resmi-mengundurkan-diri-sebagai-walikota-surakarta

SURAKARTA, NusaBali.com - Gibran Rakabuming Raka resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (17/7/2024). Pengunduran diri ini terkait dengan penetapannya sebagai wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024.

"Bersama ini saya mengajukan pengunduran diri sebagai Wali Kota Surakarta masa jabatan 2021-2024 dengan ditetapkannya wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Demikian untuk dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya," kata Gibran dalam rapat tersebut.

DPRD Kota Surakarta Menerima Pengunduran Diri Gibran. Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo, menyatakan bahwa DPRD Kota Surakarta menyetujui draf pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari jabatan Wali Kota Surakarta. Budi menambahkan bahwa DPRD juga mengusulkan pemberhentian dengan hormat Gibran kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah.

Selain itu, DPRD Kota Surakarta juga mengusulkan pengangkatan Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, sebagai Wali Kota Surakarta untuk sisa masa jabatan.

Pada kesempatan tersebut, DPRD Kota Surakarta memberikan kenang-kenangan berupa keris kepada Gibran Rakabuming Raka. Menurut Budi, pemberian keris ini adalah wujud apresiasi dari DPRD Kota Surakarta atas kerja sama yang telah terjalin selama masa jabatan Gibran.

"DPRD Kota Surakarta dengan Pemkot Surakarta sudah bermitra selama kurang lebih 3,5 tahun," kata Budi.

Budi berharap bahwa tugas-tugas yang dijalankan oleh Gibran akan terus berdampak positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya Kota Surakarta. Filosofi keris yang diberikan melambangkan kebangkitan ekonomi rakyat Indonesia dan diharapkan dapat membawa kejayaan bagi Kota Solo di masa depan.

"Keris ini wujud kerja keras, rendah hati, ikhlas, dan selalu ingat masyarakat Kota Surakarta," tambahnya.

Gibran Rakabuming Raka, yang juga dikenal sebagai putra sulung Presiden Joko Widodo, telah menjalani masa jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta sejak 2021 dan kini bersiap untuk menjalankan peran baru sebagai wakil presiden terpilih. *ant

Komentar