nusabali

DPR RI Ingatkan Kawal Demokrasi

Tidak Hanya Sebatas Awasi Pelaksanaan Pilkada

  • www.nusabali.com-dpr-ri-ingatkan-kawal-demokrasi

JAKARTA, NusaBali - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Luluk Nur Hamidah mengingatkan bahwa mengawal demokrasi tidak hanya sebatas memastikan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) berjalan dengan baik. Hal itu, kata dia, sebagai langkah bagi rakyat dalam memilih pemimpin yang terbaik di daerahnya.

“Kerja kita untuk mengawal demokrasi bukan hanya memastikan bagaimana pilkada bisa diselenggarakan dengan baik, secara jujur, adil,” kata Luluk dalam diskusi dialektika demokrasi bertajuk Aspirasi Parlemen untuk Pilkada Serentak Berkualitas melalui sambungan virtual di Jakarta, Kamis (18/7).

Melainkan, kata dia, juga mengawal hasil atau produk kebijakan yang dilahirkan oleh kepala daerah terpilih pada pilkada. “Hasil-hasil kebijakan dari pemimpin yang dilahirkan dari sebuah proses yang demokratis, itu juga menjadi sangat penting untuk kemudian kita kawal bersama,” ucapnya.

Dengan demikian, ujarnya lagi, siapa pun kepala daerah yang terpilih pada pilkada akan melahirkan kebijakan yang selaras dengan harapan masyarakat banyak dan kemaslahatan publik. “Kita tidak menginginkan bahwa setiap pemimpin lalu akan menghambur-hamburkan sumber daya daerah melalui APBD, hanya karena mereka tidak tahu apa yang menjadi prioritas dan apa yang terbaik yang bisa diberikan untuk rakyat,” kata Luluk.

Untuk itu, dia mengingatkan bahwa mengawal pilkada demi memastikan melahirkan pemimpin dan kebijakan yang sesuai harapan bersama menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. “Dengan demikian, demokrasi kita akan bertumbuh menjadi jauh lebih sehat, kuat, dan tentu saja kemudian jauh lebih bermakna,” ujar dia.n ant

Komentar