nusabali

Desa Sangeh Gelar Pawai Gebogan Buah

Rangkaian Kegiatan Sangeh Festival 2024

  • www.nusabali.com-desa-sangeh-gelar-pawai-gebogan-buah

MANGUPURA, NusaBali - Pawai gebogan buah menjadi pembuka rangkaian kegiatan Sangeh Festival 2024 yang akan berlangsung pada 19-20 Juli 2024 di areal parkir Objek Wisata Sangeh, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Pawai gebogan buah ini diikuti oleh ratusan warga yang merupakan perwakilan dari masing-masing banjar di Desa Sangeh.

“Ada delapan banjar di Desa Sangeh. Masing-masing banjar kami minta mengirimkan perwakilan sebanyak 10 orang anggota PKK dan 5 orang anggota Karang Taruna untuk ikut pawai gebogan ini,” ujar Perbekel Sangeh I Made Werdiana, di sela-sela acara, Jumat (19/7).

Dikatakan, pawai gebogan buah ini bukan sekedar pawai, melainkan juga sebagai wujud syukur kepada alam semesta atas anugerah yang diberikan kepada Desa Sangeh berupa Alas (hutan) Pala dan monyet yang hidup di hutan tersebut sejak dulu. Masyarakat Desa Sangeh pun meyakini, sejak dulu Alas Pala dan monyet telah memberikan kehidupan bagi desa setempat.

Wisatawan mancanegara menyaksikan sejumlah warga berjalan menjunjung gebogan atau sesajen berisi buah, bunga, dan hiasan janur saat pawai gebogan pada Sangeh Festival 2024, Jumat (19/7). –ANTARA 

“Masyarakat Sangeh percaya bahwa jauh sebelum bertahun-tahun kami dilahirkan, Alas Pala dan monyet ini sudah memberikan kehidupan pada masyarakat di Desa Sangeh. Karena itu, kami sekarang menggelar pawai buah ini sebagai wujud persembahan kepada alam semesta,” katanya.

Werdiana melanjutkan, pawai gebogan buah ini sengaja dibuat arak-arakan sebagai produk kegiatan budaya lokal dan sudah tercatat sebagai event tahunan Desa Sangeh. Setelah dipawaikan, gebogan buah yang dibuat warga kemudian diberikan kepada monyet-monyet yang hidup di Alas Pala Sangeh.

“Setiap tahun kami melaksanakan pawai buah ini. Buahnya nanti diberikan kepada monyet. Kami bagi nanti per banjar. Ada yang di dalam, di luar, di Pura Melanting, dan sisi timur. Karena monyet-monyet di sini hidupnya berkelompok,” kata Werdiana.

Sementara itu, terkait rangkaian Sangeh Festival 2024, kata Werdiana, selain pawai gebogan buah, di hari pertama juga dilaksanakan kegiatan lainnya seperti senam lansia massal, serta festival musik dan kuliner. “Kami laksanakan Sangeh Fastival ini sudah yang ketiga kalinya,” ucapnya. 7 ind

Komentar