nusabali

SD di Nusa Penida Dapat 3 Siswa

  • www.nusabali.com-sd-di-nusa-penida-dapat-3-siswa

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung memastikan semua SD dan SMP di Kabupaten Klungkung mendapat siswa baru. Termasuk 4 SD di Kecamatan Nusa Penida yang sebelumnya tidak dapat siswa baru di tahun ajaran 2024/2025. Namun hanya dapat 3 siswa.

Keempat SD di Kecamatan Nusa Penida yang sebelumnya tidak mendapatkan siswa yakni SDN 4 Ped, SDN 2 Kutampi, SDN 3 Kutampi, dan SDN 1 Sekartaji. Kadisdikpora Klungkung, I Ketut Sujana, mengatakan siswa baru pada 4 sekolah tersebut diterima setelah proses PPDB berakhir. Mereka awalnya tinggal di rantau bersama orang tuanya dan pulang kampung untuk sekolah di Nusa Penida. "Semua sekolah sudah terisi," ujar Sujana, Jumat (19/7).

Namun jumlah siswa yang diterima masih sedikit, bahkan ada 1 sekolah dapat 3 siswa. Sedangkan minimal jumlah siswa SD adalah 5 orang per kelas. "Kami masih mencari solusi, apakah nanti bisa digeser dua siswa dari sekolah lain yang jarak rumahnya cukup dekat," kata Sujana.

Sekolah yang sangat minim mendapatkan siswa tidak memungkinkan untuk regrouping. Sebab, jarak rumah siswa dengan sekolah cukup jauh sehingga bisa merugikan siswa. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan sekolah SD tidak mendapatkan siswa baru. Di antaranya jumlah anak-anak usia sekolah di wilayah itu sangat minim. Warga banyak merantau dan anak-anak mereka sekolah di rantauan. 7 wan

Komentar