nusabali

Caleg NasDem Terpilih DPRD Gianyar Dapil Sukawati Meninggal

Made Rai Arimbawa Dikenal Disiplin dan Berpola Hidup Sehat

  • www.nusabali.com-caleg-nasdem-terpilih-dprd-gianyar-dapil-sukawati-meninggal

Almarhum Made Rai Arimbawa disebut tidak merokok, tidak suka minum minuman beralkohol, dan rajin olahraga. Penentuan waktu kremasi menunggu kedatangan istri dari Jerman.

GIANYAR, NusaBali
Caleg NasDem terpilih DPRD Gianyar Dapil Sukawati Made Rai Arimbawa, 57, meninggal pada Sabtu (20/7) pagi. Harusnya, caleg asal Banjar Sumampan, Desa Kemenuh ini dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Gianyar periode 2024 – 2029 pertengahan Agustus ini. Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Gianyar ini meninggal dunia diduga kena serangan jantung pada Jumat (19/7) malam. Saat itu, Rai Arimbawa usai melakukan persembahyangan di Pura Panti. 

“Kemarin malam masih biasa, segar bugar. Sempat sembahyang. Saat ngobrol tiba-tiba mengeluh sakit pada bagian dada,” ungkap I Made Suriana, salah seorang anggota keluarga dekat almarhum saat ditemui di rumah duka, Sabtu (20/7) sore.

Situasi rumah duka almarhum Made Rai Arimbawa di Banjar Sumampan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Sabtu (20/7) sore. –NOVI ANTARI 

Saat itu juga, Rai Arimbawa langsung dilarikan ke RS Ari Canti di Desa Mas, Kecamatan Ubud. Namun sayang, nyawanya tak terselamatkan. Almarhum menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (20/7) sekitar pukul 06.07 Wita. Saat ini, jenazah almarhum masih dititipkan di RS Ari Canti. Almarhum rencananya akan dikremasi. Namun keluarga belum menentukan hari baik lantaran istri almarhum, Chaterine, masih berada di Jerman. 

“Tanggal 22 (Juli) ini istrinya baru pulang ke Bali, mungkin setelah itu,” kata Made Suriana.

Kepergian almarhum menyisakan duka mendalam. Banyak yang tak menyangka, sebab semasa hidup Made Rai Arimbawa dikenal sangat ketat dalam hal pola makan. Bapak dua anak blasteran ini secara fisik tampak sehat dan bugar. Tidak mengkonsumsi alkohol, pun tidak merokok. Hanya saja, belakangan ini almarhum sering batuk-batuk. 

“Beliau rajin olahraga, bersepeda, pola hidupnya sangat sehat. Makanan terpola, makan sayur mayur tepat waktu, sama sekali tidak konsumsi gula, jarang makan nasi. Kalaupun makan nasi, di siang hari itupun sangat sedikit,” beber Made Suriana.

Sejatinya, bertepatan dengan rahina Purnama Kasa pada Saniscara Pon Sinta, Sabtu kemarin, Made Rai Arimbawa akan menggelar upacara ngeruak vila dekat rumahnya. Bahkan banten lengkap sudah disiapkan termasuk persiapan lainnya. “Rencana hari ini (kemarin) mau ngeruak vila, banten sudah selesai. Akhirnya dibatalkan,” ucap Made Suriana. 

Selain sebagai pengusaha akomodasi wisata, Made Rai Arimbawa semasa hidup dikenal sebagai sosok low profile. Dia tidak memilih-milih teman, aktif bermasyarakat.

Untuk diketahui, politisi NasDem Made Rai Arimbawa ditunjuk langsung sebagai Ketua DPD Partai NasDem Gianyar setelah berhasil lolos pada Pileg 2024. Prestasi membawa satu kursi NasDem di DPRD Gianyar membuat Rai Arimbawa mendapatkan mandat untuk membesarkan partai ini di Gianyar.

Perolehan kursi Partai NasDem di Gianyar sempat naik turun. Pada periode 2014 – 2019, NasDem memiliki dua kursi di DPRD Gianyar, namun pada 2019 tidak ada perwakilan. Pada 2024, NasDem kembali mendapatkan satu kursi berkat Made Rai Arimbawa.

Seperti diketahui, Made Rai Arimbawa sebelumnya sudah sempat terpilih menjadi anggota DPRD Gianyar melalui kendaraan politik Partai Hanura periode 2014–2019. Saat itu dia duduk di Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra.

Di Pileg 2019 dia kembali maju lagi sebagai Caleg Hanura, namun gagal melenggang. Dan pada Pileg 2024 ini, Made Rai Arimbawa berhasil come back ke DPRD Gianyar melalui Partai NasDem. 7 nvi

Komentar