nusabali

Atlet FOBI Latihan Terpisah

  • www.nusabali.com-atlet-fobi-latihan-terpisah

DENPASAR, NusaBali - Nyaris dua pekan menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda), para atlet dari Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Bali menjalani latihan secara terpisah. Adapun pemisahan latihan itu berdasarkan kategori yang akan dipertandingan di PON Aceh dan Sumatera Utara.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengrov) FOBI Bali, Andra Jaya menjelaskan sejak di mulainya Pelatda pada 10 Juli lalu, sebanyak 19 altet Barongsai tidak menjalani latihan secara bersama. Karena, untuk tim Barongsai yang bertanding di PON terbagi dalam dua kategori, yakni Naga dan Barongsai. 

"Untuk kategori naga dan barongsai itu terpisah semua. Ini hanya untuk latihan tekniknya saja. Kalau fisik, tetap secara bersama," jelas Andra Jaya, Jumat (19/7) sore.

Menurut Andra, kategori Naga terdiri dari 11 altet. Mereka saat ini berlatih di GOR Lila Buana, Denpasar. Sedangkan kategori Barongsai berjumlah delapan atet, yang akan turun dalam tiga kategori juga. Hanya saja, tim Barongsai ini berlatih di Aula Klenteng di Kargo.

"Latihan terpisah ini untuk sementara saja. Supaya mereka menguasai teknik masing-masing. Tapi, akan kita gabungkan ini. Ya, kemungkinan akhir bulan sudah latihan bersama," tandas Andra Jaya.

Untuk atlet yang masuk Pelatda ini, kata Andra, pihaknya tidak akan try out atau try ini lagi. Karena, dikhawatirkan bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi, Barongsai merupakan gabungan alias dilakukan secara tim. Maka ketika ada yang cedera tentu sangat merugikan tim keseluruhan. 

"Saat ini mereka fokus latihan saja. Tidak ada agenda lain selain latihan. Waktu latihan dari Senin - Jumat. Untuk Sabtu itu latihan ringan dan Minggu off. Ya, hal ini untuk memaksimal peluang pada PON nanti," pungkas Andra Jaya. dar

Komentar