nusabali

Pj Bupati Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Satgas Optimalisasi PAD

  • www.nusabali.com-pj-bupati-pimpin-rapat-evaluasi-kinerja-satgas-optimalisasi-pad

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika memimpin rapat evaluasi kinerja Satgas Optimalisasi Peningkatan Pajak Daerah di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (19/7).

Kegiatan ini untuk mengevaluasi realisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Klungkung semester I tahun 2024. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Klungkung, I Dewa Putu Griawan, mengatakan total realisasi PAD dari seluruh sumber pendapatan hingga bulan Juli mencapai 53,83%, yakni sebesar Rp 185.553.783.546,71. Hasil ini cukup baik namun masih ada beberapa sumber pendapatan di bawah 50%.


Pj Bupati Klungkung, Nyoman Jendrika, mengatakan mencapai realisasi pajak daerah diperlukan upaya-upaya strategis. Seperti menggunakan sistem teknologi informasi untuk mendeteksi pemenuhan kewajiban pajak daerah, menegakkan law enforcement atau pemberian sanksi. Reward kepada wajib pajak berprestasi berupa piagam penghargaan. Bekerja sama dengan perangkat desa dan kelurahan dalam melakukan validasi data dan penagihan piutang pajak PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) secara langsung ke wajib pajak.

Melaksanakan sosialisasi tentang PBB-P2 melalui media cetak dalam bentuk banner yang diletakkan di kantor camat dan kantor desa. “Merangsang para wajib pajak menunaikan kewajibannya kita harus menyediakan sistem pembayaran yang mudah,” ujar Jendrika. Mengajak perangkat desa melakukan validasi piutang PBB-P2 serta membentuk tim penagihan piutang PBB-P2 dengan langsung menjajaki rumah wajib pajak. Namun tetap dengan pendekatan humanis. @ wan

Komentar