nusabali

Terakhir 1985, Puri Susut Gelar Karya Ageng Mamungkah

  • www.nusabali.com-terakhir-1985-puri-susut-gelar-karya-ageng-mamungkah
  • www.nusabali.com-terakhir-1985-puri-susut-gelar-karya-ageng-mamungkah

BANGLI, NusaBali - Puri Agung Susut, Kecamatan Susut, Bangli, menggelar upacara Karya Ageng Mamungkah, Tawur Agung Labuh Gentuh, Ngenteg linggih, Padudusan Agung, dan Menawa Ratna, di Pura Merajan Agung Puri Agung Susut, Desa Adat Susut Kaja, Kecamatan Susut.

Kelian Pura Merajan Agung Puri Susut, I Dewa Agung Eka Dharma  menjelaskan karya ini digelar setelah rampungnya pembangunan sejumlah pelinggih di pura merajan agung dan hasil dari rembukan sametonan Puri Agung Susut selaku pengempon pura.

Upacara Tawur Agung Labuh Gentuh sebagai bentuk rasa syukur dan bakti kepada sesuhunan. Tujuannya, memohon kesejahteraan dan lindungannya serta kerahayuan jagad. Karya ini juga sebagai bentuk relasi manusia dengan penciptanya, manusia dengan sesamanya dan manusia dengan lingkungannya. Selain itu, menjadi tonggak untuk generasi penerus untuk melestarikan budaya serta adat dan tradisi.

"Pucak karya telah dilaksanakan pada anggara wage sinta, 16 juli 2024 kemarin," jelasnya Minggu (21/7). Lebih lanjut, upacara serupa terakhir dilaksanakan pada tahun 1985 silam.


Sementara itu, dalam rangka karya agung ini, sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan diawali pada anggara wage matal 7 mei 2024 dengan  matur piuning, nyukat genah, bumi suda, mepahayu gumi, caru manca kalung, mepepada alit, mepepada agung.

Tawur agung labuh gentuh serta mendem pedagingan  yang dilaksanakan pada Buda Pon Watugunun, 10 Juli 2024  dihadiri oleh pejabat daerah, Mahagotra Tirta Harum dan pasemetonan puri-puri di Bangli, serta Paduluan Adat Susut Kaja, Tangkas dan Kebon dan kelian pura di Desa Adat Susut Kaja

Pucak karya agung yang dilaksanakan pada Anggara Wage Sinta, 16 Juli 2024, dipuput oleh 5 sulinggih yaitu Ida Pedanda Gede Satwika Putra Keniten griya Kediri Tegalalang Bangli selaku yajamana karya, Ida Pedanda Gede Tanjung Manuaba Griya Bukit bangli, Ida Pedanda Gede Putra Kuramas Manuaba Griya Karang Gunaksa Bangli, Ida Pedanda Budha Istri Kania Griya Alang Kajeng Nongan Karangasem, dan Ida Rsi Nabe Bujangga Sangging Prabangkara Griya Gangga Kelurahan Kawan Bangli.

Sebagai rangkaian kegiatan juga dilaksanakan kegiatan memasar, nyenuk, medana dana, dan nyegara gunung. Rangkaian kegiatan ditutup dengan panyineban karya pada Buda Pahing Landep, 24 Juli 2024.

Untuk pelaksanakaan karya ini, krama pangempon melakukan urunan dari 157 KK. Ada juga sumbangan dan punia serta donatur dari berbagai pihak. 7esa

Komentar