nusabali

Perwakilan Koperasi Sembahyang Bersama di Pura Andakasa

  • www.nusabali.com-perwakilan-koperasi-sembahyang-bersama-di-pura-andakasa

AMLAPURA, NusaBali - Ratusan perwakilan koperasi se-Karangasem menggelar persembahyangan bersama memperingati HUT ke-77 Koperasi, di Pura Sad Kahyangan Andakasa, Banjar Pakel, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, Purnama Kasa, Saniscara Pon Sinta, Sabtu (20/7).

Jero Mangku Kerenteng, pamangku di Pura Sad Kahyangan Andakasa  mengantarkan persembahyangan itu. Sedangkan dari pihak koperasi dikoordinasikan Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Karangasem I Gede Ngurah Indrayana, bersama segenap pengurus. Turut hadir Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Gede Loka Santika.

"Tahun 2024 ini tidak ada perayaan, dengan menggelar jalan santai, lomba-lomba disertai undian berhadiah, dan hiburan, perayaan kali ini dengan cara menggelar persembahyangan bersama," jelas Indrayana.

Tujuannya, kata Indrayana, dengan melaksanakan persembahyangan bersama agar 220 koperasi yang aktif, secara manajemen agar sehat. Selain itu, semua bisa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), mendatangkan laba, dan semua anggota sejahtera.

Di Karangasem ada 325 koperasi, hanya aktif 220 koperasi, selebihnya, tidak aktif dan sebagian telah bubar. Walau Dekopinda Karangasem telah berupaya keras melakukan pembinaan di lapangan, tetap saja, banyak Koperasi ditemukan kurang sehat, bahkan banyak yang tidak aktif.

Tercatat di tahun 2024, hanya 161 Koperasi yang menggelar RAT, dari target 220 Koperasi, atau mencapai 73,18 persen, targetnya 180 Koperasi atau 81,81 persen.

Bahkan KUD Selat, yang pernah berjaya meraih prestasi juara I Tingkat Provinsi Bali tahun 1976, diapresiasi Gubernur Bali Soekarmen, saat meresmikan gedung  tahun itu, kini tinggal kenangan.

Indrayana masih bersyukur, tahun 2024, beberapa Koperasi mampu mengumpulkan dana Rp 128 juta, kemudian dibelikan 11,59-ton beras. Selanjutnya dibagikan kepada anggotanya yang kurang mampu, per anggota mendapatkan 10 kg, total yang menerima bantuan sebanyak 1.159 anggota.

Kadis Koperasi UKM Perindag Karangasem I Gede Loka Santika, juga berharap, Koperasi agar tetap eksis, sebagai lembaga keuangan di desa.

Loka Santika mengapresiasi semangat Dekopinda Karangasem tidak pernah lelah melakukan pembinaan, juga memotivasi agar pegawai Koperasi ikut uji kompetensi, mengacu Permenkop UKM Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Bagi Sumber Daya Manusia Koperasi, dan Permenkop UKM Nomor 9 tahun 2023 tentang Usaha Simpan Pinjam oleh koperasi.

Sementara telah ikut uji kompetensi 272 karyawan, yang belum 1.074 karyawan. "Kan setiap Koperasi memiliki SHU (sisa hasil usaha) dana itu sebagian digunakan untuk membiayai pelatihan, uji kompetensi," pintanya.7k16

Komentar