nusabali

Karateka Bali Simulasi Lawan Jepang

FORKI Mantapkan Target Tiga Emas PON 2024

  • www.nusabali.com-karateka-bali-simulasi-lawan-jepang

Dengan sisa waktu menuju September, Sensei Arman Setiawan juga menjadwalkan empat atlet karate PON untuk try out ke Kairo Mesir selama dua minggu.

DENPASAR, NusaBali
Untuk memaksimalkan potensi raihan medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang, Pengprov Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Bali menggelar simulasi pertandingan di Gedung Lotring Kuta, Badung pada Minggu (21/7). Dalam simulasi itu melibatkan karateka asal Jepang, Malaysia dan sejumlah karateka provinsi lainnya.

Ketua Umum Pengprov FORKI Bali Sensei Armand Setiawan Wulianadi pun mengaku cukup puas dengan penampilan karateka Bali. Diakuinya, saat simulasi salah satu andalan tim PON Bali Komang Astawa di nomor kumite -75 kg putra dikalahkan karateka Jepang 0-4. Namun pengalaman ini membuat Astawa mulai memupuk rasa percaya diri dan meningkatkan keberaniannya saat menghadapi lawan-lawannya di PON mendatang. 

"Tadi kalah 4-0. Kita memang cari atlet yang bisa menarik Astawa. Tadi saya lihat memang banyak pukulan-pukulan dia off target. Tapi rasa percaya dirinya saya lihat sudah lebih baik dari sebelum-sebelumnya," ungkap Sensei Armand Setiawan.
 
Sensei Armand menyebut jika melihat progress karateka saat ini, dirinya semakin percaya diri mampu merebut tiga medali emas PON 2024. Selain tim pelatih karate Bali, selama TC sentralisasi karateka juga didampingi pelatih Jepang Ayumi Uekusa. Saat ini para karateka pun sangat siap berlaga di PON, termasuk secara psikologi. 

"Kita memang benar-benar total komitmen. Kita punya Ketum KONI yang luar biasa, kalau ada yang bilang all out, kalau saya bilangnya all in, terserah nanti mau menang atau kalah itu urusan belakangan, tetapi kita all in dulu," imbuh Sensei Armand.

Dengan sisa waktu menuju September, kata Sensei Arman, dirinya juga menjadwalkan empat atlet karate PON untuk try out ke Kairo Mesir selama dua minggu.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan yang membuka kegiatan tersebuy, mengatakan simulasi yang digelar FORKI Bali sangat baik. Hal ini akan membuat atlet PON semakin siap menatap ajang bergengsi itu.

"FORKI Bali itu progressnya jelas ya. Simulasi ini untuk menunjukkan karate yang baik, dan banyak datang untuk try out dan kita manfaatkan untuk try in. Ini dilihat oleh semua, dan ini jadi luar biasa," kata Oka Darmawan. dar

Komentar