nusabali

Dua Hotel dan Restoran Terbakar di Padangbai

Belasan Tamu Hotel Selamatkan Diri Lewat Tiang Listrik

  • www.nusabali.com-dua-hotel-dan-restoran-terbakar-di-padangbai

AMLAPURA, NusaBali - Kebakaran hebat melanda dua hotel dan sebuah restoran terdiri atas 20 bangunan di kawasan Objek Wisata Padangbai, tepatnya di Pantai Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Minggu (21/7) pukul 23.30 Wita.

Aksi dramatis juga dilakukan sebanyak 19 wisatawan yang menginap di Hotel Padangbai Beach Inn. Mereka yang menginap di lantai II dan lantai III lakukan penyelamatan diri melalui sebuah tiang listrik yang posisinya berdekatan dengan bangunan hotel. Beruntung tidak ada korban luka dan jiwa dalam peristiwa ini. Namun diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah. 

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Karangasem dibantu Damkar Klungkung berjibaku melakukan pemadaman hingga, Senin (22/7) pagi pukul 04.00 Wita. Informasi yang dihimpun, bangunan yang terbakar adalah Hotel Kerti Beach Bungalow berlantai 2, Padangbai Beach Inn berlantai 3, dan Restoran Padangbai Billabong, terdiri atas 20 unit bangunan. 

Padangbai Beach Inn diketahui milik I Wayan Sudiasna, sedangkan Hotel Kerti Beach Bungalow dan Restoran Padangbai Billabong milik I Komang Gede Suanda. Peristiwa kebakaran itu awalnya dilaporkan warga I Komang Budiarta ke Damkar Karangasem dan  diterima petugas jaga I Wayan Mustiawan. Selanjutnya sebanyak 22 petugas diterjunkan ke lokasi kejadian dipimpin, Kasi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika.

Pemilik Padangbai Beach Inn I Wayan Sudiasna menuturkan kebetulan tengah malam itu pukul 23.30 Wita dirinya terjaga dari tidurnya hendak buang air kecil. Saat itulah dia menyaksikan dari balik gorden kamar ada api menjalar ditembok hotel. Awalnya membakar 8 bangunan yang beratap alang-alang. Saat itu, Sudiasna langsung membangunkan istrinya Ni Wayan Sunarti, selanjutnya keluar dan minta tolong kepada tetangga.

Pemilik Padangbai Beach Inn, I Wayan Sudiasna (kiri) tunjukkan lokasi kebakaran di Pantai Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Senin (22/7). –NANTRA 

Sudiasna juga langsung membangunkan 19 wisatawan yang menginap di lantai II dan lantai III agar segera menyelamatkan diri. Karena panik dan tidak berani melalui tangga, maka satu per satu tamu hotel itu menyelamatkan diri dengan cara menuruni tiang listrik yang kebetulan nempel di bangunan hotel berlantai III itu. Sehingga seluruh wisatawan asing selamat dari amukan api. “Saya minta tolong tetangga, kemudian datang petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman," kata Sudiasna.

Mengenai kerugian yang dialami, Sudiasna mengaku belum bisa menghitung, karena sebanyak 12 bangunan miliknya terbakar, termasuk isinya. Hanya saja, di 8 bangunan yang terpisah dengan bangunan tiga lantai kebetulan tidak ada wisatawan yang menginap, bangunan itu baru selesai direhab. Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Kompol I Ketut Merta Kariana yang melakukan penyelidikan mengaku belum mengetahui pemicu kebakaran itu. “Perkiraan kerugian Rp 5 miliar, hanya saja penyebab pasti kebakaran belum diketahui, masih dilakukan pengecekan petugas lab forensik," kata Kompol Kariana.

Petugas pemadam kebakaran yang melakukan penanganan dikoordinasikan Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika mengerahkan 22 anggota, gabungan dari Klungkung dan Karangasem hingga menghabiskan 55.000 liter air. 7 k16

Komentar