nusabali

40.448 Anak di Tabanan Jadi Sasaran PIN Polio

  • www.nusabali.com-40448-anak-di-tabanan-jadi-sasaran-pin-polio

TABANAN, NusaBali - Sebanyak 40.448 anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan di Kabupaten Tabanan bakal disasar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio. Pelaksanaan serentak bakal dilakukan mulai 23 Juli 2024.

Pemberian imunisasi polio ini telah dikoordinasikan dengan masing-masing puskesmas. Keluarga yang memiliki anak usia 0 hingga 7 tahun 11 bulan diwajibkan mengikuti imunisasi polio ini. Dalam pemberian vaksin polio ini anak-anak akan diberikan tetes sebanyak 2 dosis dengan interval 2-4 minggu dari dosis 1. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr Ida Bagus Surya Wira Andi, menegaskan pelaksaan PIN polio bakal dilakukan serentak pada 23 Juli 2024 atau Selasa hari ini. Pelaksanaan digelar di masing-masing posyandu sesuai dengan jadwal puskesmas yang sudah dibuat. 

“Tapi tidak hanya di posyandu, karena ini berlaku pada anak sampai usia 7 tahun 11 bulan pelaksanaan juga dilakukan bisa digelar di TK/PAUD, SD/MI, atau bisa digelar di pos imunisasi lainnya,” kata dr Wira Andi, Senin (22/7). 

Disebutkan pemberian vaksin polio ini adalah instruksi langsung dari pemerintah pusat sehingga wajib untuk diikuti. Sebab mengantisipasi polio ini proses awal yang harus dilalukan adalah pencegahan. Karena jika sudah terlanjut terdiagnosa polio maka tidak bisa diobati. 

Untuk itu dr Wira Andi mengimbau dan menekankan kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti pekan imunisasi polio ini. Apalagi puskesmas telah mengkampanyekan di wilayab kerja masing-masing lewat petugas kesehatan dan aparat desa. “Kami minta kepada masyarakat untuk mengikuti gerakan ini karena ini wajib guna mengentaskan polio,” tandasnya. 7 des

Komentar