nusabali

Jalan Santai Awali Peringatan HUT SMAN 1 Amlapura

  • www.nusabali.com-jalan-santai-awali-peringatan-hut-sman-1-amlapura

AMLAPURA, NusaBali - Ratusan siswa dan guru berbaur dalam acara jalan santai sebagai  awal rangkaian peringatan HUT ke-60 SMAN 1 Amlapura, dengan start dan finish di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Senin (22/7).

Jalan santai dengan melibatkan seluruh siswa SAN 1 Amlapura, paling depan Marching Band SMAN 1 Amlapura lalu menyusuri jalur Jalan Ngurah Rai, Jalan Kartini, Jalan Sultan Agung, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, kembali ke Jalan Ngurah Rai.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana yang melepas acara itu, hingga menjadi pusat perhatian masyarakat di sepanjang jalan protokol Kota Amlapura.

Marta Ariana mengatakan, jalan santai selain menyehatkan badan secara fisik, juga mengajak masyarakat Karangasem agar aktif membantu pendidikan. Sebab, melalui kemajuan pendidikan, pada akhirnya mampu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat pembukaan UUD 1945.

"Semuanya berasal dari pendidikan, mau pintar, mau jadi pejabat, mau masa depannya lebih baik, pendidikannya baik dulu," katanya.

Dengan itu, kata Marta Ariana, pada akhirnya akan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan mesti dengan proses terencana dan terpadu melalui pengembangan peri-kehidupan bangsa Indonesia yang majemuk. Muaranya, tumbuh sebagai bangsa yang bersatu dalam  masyarakat yang mampu berpikir dan berilmu pengetahuan.

Atas dasar itulah, SMAN 1 Amlapura mengajak seluruh warga belajar, agar terus termotivasi untuk ambil bagian dalam pembangunan, khususnya bidang pendidikan. Sebenarnya generasi emas bangsa Indonesia, ada pada siswa SMA itu, untuk mempersiapkan sebagai pewaris pembangunan 10 tahun ke depan.

Marta Ariana mengatakan, selain jalan santai juga memberikan kesempatan untuk siswa SMP berbakat bidang akademik dalam lomba SSC (Smansapura Scientific Competition) yang pendaftaran 24 Juni-19 Juli, penyisihan 25 Juli dan final 27 Juli. 

Ada juga lomba baca puisi tingkat SMP/MTs, babak penyisihan 24 Juli, pengumuman finalis 26 Juli dan final 27 Juli. Lomba story telling, puncaknya 28 Juli, Lomba Tari Margapati Tingkat SMP dan sederajat  di babak penyisihan penilaian melalui kiriman video peserta, setelah pengumuman 10 besar ditetapkan maka babak final 24 Juli dan yang terakhir lomba karaoke 24 Juli.

"Silakan ambil bagian, sesuai bakat-bakat yang dimiliki siswa. Lomba itu juga memberikan pengalaman bagi siswa, agar saat lomba selanjutnya tidak grogi," tambah Marta Ariana.

Puncak HUTke-60 SMAN 1 Amlapura sendiri, Kamis (1 Agustus 2024), nanti akan ditandai parade prestasi setahun terakhir yang dibukukan SMAN 1 Amlapura, tujuannya untuk memotivasi adik-adik kelas agar mengikuti jejak kakaknya.7k16

Komentar