nusabali

Wawali Arya Wibawa Hadiri Mapandes Serangkaian Karya Atma Wedana MGPSSR

  • www.nusabali.com-wawali-arya-wibawa-hadiri-mapandes-serangkaian-karya-atma-wedana-mgpssr

DENPASAR, NusaBali - Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri upacara Mapandes serangkaian karya Atma Wedana dan Mapandes bersama yang digelar Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR), di Pasraman Widya Graha Kepasekan, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara pada Soma Kliwon Landep, Senin (22/7).

Wawali Arya Wibawa mengapresiasi pihak pasraman yang telah menyelenggarakan upacara atma wedana dan mapandes ini. Upacara ini merupakan penyucian roh leluhur yang telah tiada agar dapat menyatu dengan Tuhan.

Dikatakannya, selain penyucian roh leluhur, secara tidak langsung pelaksanaan ini juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan serta mampu mengurangi biaya dan tenaga dalam pelaksanaan upacara yang digelar secara massal. Hal ini sejalan dengan spirit vasudhaiva kutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara.

“Kami sangat mendukung upacara ini, dan berharap dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga bisa memberikan dampak yang positif dalam pelaksanaan yadnya atau korban suci di kalangan krama,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Ketua Panitia Jro Mangku Wayan Arnata menyampaikan, upacara ini rutin dilaksanakan di Pasraman Widya Graha Kepasekan. Adapun peserta kali ini sebanyak 44 peserta atma wedana, dan 109 orang mengikuti mapandes.

“Puncak upacara pada 24 Juli 2024 yang diisi dengan upacara Mapurwa Daksina, Mapralina, dan nganyut ke segara. Upacara ini merupakan wujud implementasi jiwa gotong-royong dan kebersamaan sebagai budaya yang sejak lama tertanam dalam masyarakat di Bali yang dikenal sebagai spirit vasudhaiva kutumbakam,” kata Wayan Arnata. @ mis

Komentar