nusabali

Tujuh Produk Dirancang Jadi Unggulan Buleleng

  • www.nusabali.com-tujuh-produk-dirancang-jadi-unggulan-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 7 produk unggulan Buleleng menjadi prioritas untuk dikembangkan lima tahun ke depan.

Hal tersebut sesuai hasil penelitian Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Buleleng menggandeng tim peneliti Undiksha Singaraja. Hasil riset tersebut pun disosialisasikan kembali ke seluruh Organisasi Daerah (OPD) untuk mendapat masukan dan saran, Senin (22/7) kemarin.

Sekretaris Brida Buleleng Made Suharta, mengatakan 7 prioritas Produk Unggulan Daerah Buleleng (PUD) berasal dari produk hortikultura sektor pertanian Buleleng seperti meliputi kelapa, kopi, padi, mangga, durian. Selain ada produksi garam dan sektor  pariwisata.

Menurutnya, 7 PUD prioritas pengembangan ini merupakan hasil dari Forum Group Discussion (FGD) bersama seluruh perbekel di 9 kecamatan wilayah Buleleng. Rencana pengembangan PUD ini disebutnya atas permasalahan utama yang dialami desa/kelurahan.

“Hasil ini merupakan yang sebenarnya terjadi di lapangan, apa yang dibutuhkan dan permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh desa,” ucap Suharta di Ruang Rapat Brida Buleleng.

Riset dan kajian ini disebut Suharta dilakukan untuk penyusunan rencana induk dan pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Buleleng. Hasil penelitian tim ahli Undiksha ini pun diharapkan mendapat masukan dari OPD lingkup Pemkab Buleleng.

“Persoalan yang mengacu pada PUD ini dibahas bersama, dengan tujuan setelah FGD ini ada solusi dan saran baik dari program pengembangan termasuk sentuhan teknologi yang memungkinkan,” imbuh dia.

Menurutnya hasil penelitian ini akan menjadi landasan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah selama 5 tahun ke depan.  Persoalan yang ada di lapangan diharapkan mendapatkan solusi atas persoalan yang dihadapi dan program pengembangannya.7 k23

Komentar