nusabali

KIM Plus Bangli Jaring Bakal Cabup-Cawabup

  • www.nusabali.com-kim-plus-bangli-jaring-bakal-cabup-cawabup

BANGLI, NusaBali - Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus melakukan rapat konsolidasi di kantor DPD II Golkar Bangli, Selasa (23/7). Berdasarkan hasil rapat tersebut KIM Plus membuka pintu bagi yang ingin mendaftar sebagai bakal Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) di Pilkada Bangli 2024 sejak, Selasa kemarin.

KIM Plus di Bangli terdiri atas Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, dan NasDem serta beberapa partai non parlemen di Bangli.

Dalam rapat tersebut hadir Ketua DPD II Golkar Bangli, I Gusti Made Winuntara, serta perwakilan dari partai politik lainnya. Ketua Tim Penjaringan Cabup-Cawabup Bangli, Ida Bagus Santosa mengatakan rapat yang dilaksanakan kali ini membahas terkait pemenuhan struktur KIM Plus. Sebelumnya baru ada ketua dan sekretaris. Kini struktur sudah dilengkapi. 

Berikutnya pembahasan terkait dengan langkah-langkah ke depan untuk pelaksanaan Pilkada. "Sesuai dengan kesepatan koalisi, pertama melakukan proses penjaringan dan nanti menjadi tim pemenangan kandidat," sebutnya. Lanjutnya, selama ini sudah ada proses penjaringan di Golkar dan sudah ada beberapa yang mendaftar. Mereka yang berproses di Golkar ini diakomodasi oleh KIM Plus. 

Adapun empat figur yang telah mendaftar di Golkar Bangli, yakni Ida Bagus Giri Putra (Sekda Bangli), Jero Gede Mangun (Seorang pengusaha pariwisata dari Songan), Raden Cahyo Nugroho Martosubroto (Tokoh pemuda, Presiden BMW Car Clubs Indonesia/BMWCCI), dan I Gusti Made Winuntara (Ketua DPD II Golkar Bangli). Mereka yang berproses di Partai Golkar ini diakomodasi oleh KIM Plus.

"Itu sudah disepakati oleh teman-teman di KIM Plus. Berarti sementara ini sudah ada 4 kandidat. Kalaupun ada yang berminat mendaftar lagi lewat KIM Plus silakan," kata politisi asal Desa Demulih, Kecamatan Susut, Bangli ini.

Politisi yang juga pengusaha ini menegaskan jika KIM Plus masih membuka diri dan dipersilakan untuk mendaftar. Nantinya yang mendaftar di KIM Plus akan diproses sesuai mekanisme dan kesepakatan bersama. "Pendaftaran paket Cabup-cawabup di KPU Bangli pada 27 Agustus, jadi kita sepakati untuk membuka diri. Kami akan melakukan pertemuan rutin untuk menyikapi perkembangan yang ada. Ini sifatnya dinamis. Harapan kami KIM Plus melahirkan calon yang menang di Pilkada. Tidak ada calon yang tidak bisa dikalahkan, tergantung dengan strategi dan komitmen kita bersama," ungkapnya. 

Parpol yang tergabung di KIM Plus sendiri harus berjuang keras untuk bisa merebut simpati masyarakat jika ingin memenangkan calonnya di Pilkada Bangli, 27 November 2024 nanti. Maklum saja calon yang diusung KIM Plus harus berhadapan dengan pasangan incumbent, yakni Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Sedana Arta-Diar) yang hampir pasti akan kembali diusung PDIP di Pilkada Bangli 2024. Selain itu Cabup-Cawabup incumbent ini juga memiliki kekuatan besar di DPRD Bangli. Hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 sebanyak 20 kursi (66,67%) dari total 30 kursi DPRD Bangli dikuasai PDIP. Sementara Partai Golkar meraih 5 kursi (16,67%), Partai NasDem dengan 2 kursi (6,67%), Partai Demokrat dengan 2 kursi (6,67%), dan Partai Gerindra dengan 1 kursi (3,33%). Total KIM Plus menguasai 10 kursi dari 30 kursi di DPRD Bangli (33,33%). 7 esa

Komentar