nusabali

Calon Pj Bupati Buleleng Dikirim ke Kemendagri

Nama Lihadnyana Masuk Lagi

  • www.nusabali.com-calon-pj-bupati-buleleng-dikirim-ke-kemendagri

SINGARAJA, NusaBali - Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng segera akan berakhir pada 27 Agustus 2024 ini. DPRD Buleleng mengusulkan sejumlah nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Buleleng.

Kabar yang beredar pengusulan DPRD Buleleng mengusulkan tiga nama, yakni Ketut Lihadnyana yang kini menjabat Pj Bupati Buleleng, I Dewa Gede Mahendra Putra Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, dan Gede Suralaga Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian Provinsi Bali. Ketiganya adalah pejabat provinsi Bali yang berasal dari Buleleng.

Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna dikonfirmasi, Selasa (23/7) membenarkan jika usulan nama-nama kandidat Pj Bupati Buleleng sudah dikirimkan ke Kemendagri. Melalui surat usulan resmi dikirimkan pada tanggal 15 Juli 2024 lalu. Pengiriman usulan nama-nama Pj Bupati itu sesuai ketentuan paling lambat diusulkan sebulan sebelum masa jabatan Pj terakhir habis.

Namun saat ditanya siapa saja nama-nama yang diusulkan, politisi asal Desa/Kecamatan Tejakula ini memilih merahasiakannya dan enggan berkomentar lebih banyak. “Ya coba tanya ke provinsi dulu, kalau provinsi sudah buka baru saya akan ngomong biar tidak salah. Ada banyak nama dan yang lama (Pj Lihadnyana) masuk di antaranya,” terang Sekretaris DPC PDIP Buleleng ini. Sejauh ini DPRD Buleleng hanya berhak mengusulkan saja. Kewenangan dan penentuan siapa yang akan ditunjuk ada di Kemendagri. Usulan DPRD Buleleng dan usulan Pj Gubernur Bali akan dilihat dan dikaji siapa yang dianggap layak mengisi kekosongan Bupati Buleleng.

Jabatan Pj Bupati Buleleng diberlakukan saat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng sebelumnya sudah berakhir pada 27 Agustus 2022 lalu. Buleleng pun sebelum ada pelantikan Bupati-Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 2024 ini akan dijabat oleh Pj Bupati. Pada tahun pertama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali Ketut Lihadnyana mendapatkan mandat. Masa jabatan Pj Lihadnyana pun sudah sempat diperpanjang pada 27 Agustus 2023 lalu dan akan berakhir 27 Agustus 2024 ini.

Selanjutnya Pj Bupati Buleleng anyar akan menjabat mulai 28 Agustus 2024 sampai ada Bupati-Wakil Bupati baru yang dilantik usai Pilkada 2024 mendatang. 7 k23 

Komentar