nusabali

Peringati HAN, 100 Anak Pamerkan Lukisan

  • www.nusabali.com-peringati-han-100-anak-pamerkan-lukisan

GIANYAR, NusaBali - Memperingati Hari Anak Nasional (HAN), sebanyak 100 anak memamerkan lukisan di Jalan Raya Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Selasa (23/7). Pameran bertajuk '100 Kids Visual Art Showcase' ini digelar selama 3 hari dari tanggal 21-23 Juli 2024. Ratusan karya lukisan anak-anak ini menarik minat pengunjung. Sebagian besar menampilkan budaya Bali seperti tari Bali, pura dengan ornamennya, dan lainnya.

Art Teacher sekaligus Founder Sanggar Mahaputra Art, I Gede Mahaputra, mengatakan pameran ini sebagai bentuk atensi, motivasi, dan apresiasi terhadap kesegaran pembaharuan seni rupa yang ditawarkan kepada masyarakat dengan tampilan karya indah anak-anak. “Kami berharap pameran ini dapat memberikan motivasi baru dalam seni rupa. Dengan menonjolkan daya estetik baru di wilayah dan ruang lingkup sosial seni Bali,” ujar Mahaputra.

Alumnus SMKN 1 Sukawati (SMSR) ini menambahkan, sebagai sebuah aktivitas yang komulatif karya seni dari anak-anak memang semestinya diapresiasi dengan cara dipamerkan, dinikmati oleh kalangan penekun, penikmat seni, akademisi maupun masyarakat umum. “Semoga partisipasi kami dalam pameran ini dapat memberi manfaat bagi dunia pendidikan seni,” ujar Mahaputra. Pameran ini dilaksanakan untuk merayakan Hari Anak Nasional Tahun 2024. Merayakan HAN dengan menjadikan anak sebagai subjek dalam pola asuh untuk memberikan peluang seluas-luasnya bagi anak-anak mengasah dan mengembangkan minat dan bakatnya. 

Mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan psikologisnya, menyeimbangkan pertumbuhan antara otak kanan dan otak kiri, serta pengoptimalan pertumbuhan kognitif dan psikomotorik anak. “Mengamati dan merasakan antusiasme orang tua dalam memberikan pendampingan dan penghormatan terhadap pilihan anak-anaknya, kami sangat yakin akan tumbuh generasi yang unggul dan tangguh,” ujar Mahaputra.

Pameran ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan dan memperluas ruang edukasi yang sehat, aman, nyaman, dan kondusif untuk tumbuh kembang anak. Sehingga semua tempat, baik itu desa maupun kota menjadi tempat yang layak untuk tumbuh kembang anak. Dalam rangka memperluas ruang edukasi, pameran 100 Kids Visual Art Showcase juga diisi dengan berbagai pementasan kesenian oleh anak-anak dan demonstrasi melukis. 7 nvi

Komentar