nusabali

Warga Miskin Ekstrem di Desa Tigawasa Terima Bantuan Ayam Buras

  • www.nusabali.com-warga-miskin-ekstrem-di-desa-tigawasa-terima-bantuan-ayam-buras

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng tahun ini menyalurkan bantuan ayam buras. Bantuan upaya ketahanan pangan menyasar 37 Kepala Keluarga (KK) miskin ekstrem di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Penerima bantuan ayam buras untuk warga miskin ekstrem mengacu pada data yang tercantum dalam SK Bupati Buleleng Nomor 251 Tahun 2023. Hanya saja karena anggaran terbatas, jumlah sasaran pun belum dapat optimal sehingga dilakukan bertahap.

Sekretaris DKPP Buleleng, Ariston Adi Pamungkas, Selasa (23/7) kemarin mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari program DKPP Pribadi. Khususnya lagi penyediaan pangan berbasis sumber daya lokal. Bantuan ayam buras pun dipilih dengan harapan, dapat berkembang dan bertambah jumlahnya. Sehingga bisa membantu menambah pendapatan keluarga.

“Masing-masing KK mendapat 16-17 ekor ayam, 14 betina dan 2-3 ekor jantan. Tujuannya ayam betina bertelur dan menetaskan indukan baru. Harapannya semakin lama semakin banyak,” ucap Ariston.

Seluruh sasaran, sebelum menerima bantuan diwajibkan menyiapkan kandang yang representatif untuk memelihara ayam-ayam bantuan pemerintah itu. Syarat penyediaan kandang diharuskan DKPP, untuk memastikan ayam-ayam tersebut dipelihara dengan baik dan meminimalisir kontaminasi penyakit termasuk kasus hilang karena dilepasliarkan.

“Kami juga berikan bantuan pakan, termasuk pelatihan pemeliharaan ayam yang baik dan benar. Tetapi kami juga sarankan warga menyiapkan pakan alternatif saat pakan bantuan habis. Bantuan ini juga dilarang untuk dijual maka kami akan melakukan monitoring rutin,” terang Ariston.7 k23

Komentar