nusabali

Empat Cabor Gelar Pelatda di Luar Bali

  • www.nusabali.com-empat-cabor-gelar-pelatda-di-luar-bali

Gulat mengambil lokasi di Malang, dayung di Jawa Barat, paramotor mengambil lokasi di Jakarta dan golf di Medan.

DENPASAR, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mencatat ada empat cabang olahraga (Cabor) menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) di luar Bali. Pengambilan lokasi di luar Pulau Dewata itu karena minimnya fasilitas, sehingga memanfaatkan venue di daerah lain. Adapun keempat cabor itu masing-masing Gulat, Dayung, Paramotor dan Golf.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menerangkan dari 49 cabang olahraga yang saat ini menjalani Pelatda, ada tiga klaster yang disediakan oleh pihaknya, yakni di Kota Denpasar, di luar kota dan di luar daerah. Untuk di luar kota, itu memanfaatkan sejumlah venue latihan masing-masing cabor yang tersebar di Kabupaten Badung, Gianyar, Tabanan dan Singaraja. "Memang sebagian besar venue Pelatda ini di Kota Denpasar. Tapi, tetap ada di kabupaten lain dan tentunya ada juga di luar daerah," terangnya, Selasa (23/7)

Untuk di luar daerah Bali, lanjut Oka Darmawan, ada empat cabor yang menjalani Pelatda di sana. Adapun rinciannya Gulat mengambil lokasi di Malang, Dayung di Jawa Barat, Paramotor mengambil lokasi di Jakarta dan Golf di Medan. Menurut dia, pengambilan lokasi itu sesuai permintaan cabor lantaran minimnya fasilitas di Bali. "Ini juga untuk memberi suatu kenyamanan bagi cabor dan atletnya nanti. Bagaimana dengan venuenya, akomodasi dan lainnya. Termasuk lokasi yang di luar daerah itu kita perhatikan semuanya. Yang di luar Bali ada 4 cabor," jelasnya lagi.

Dalam masa Pelatda ini, total ada 17 akomodasi yang dipakai oleh KONI Bali, termasuk di luar Bali untuk mengakomodir cabor dan para atletnya. Jumlah ini, lanjut dia, meningkat signifikan dari event sebelumnya atau pada saat Pelatda sebelum PON Papua yang hanya berjumlah 200 dan atlet dan diakomodir oleh dua hotel di kawasan Denpasar saja. "Namun, kali ini jumlahnya mencapai 500an atlet. Sehingga kita memberikan kenyamanan untuk mereka, termasuk akomodasi yang baik," imbuhnya.

Untuk diketahui, KONI Bali mulai menjalankan Pelatda terhadap 49 cabang olahraga yang akan turun pada PON Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang. Pelatda ini sudah berlangsung sejak 10 Juli lalu dan akan selesai sebelum berangkat. Total ada 60 hari atau dua bulan untuk menjalani pemusatan latihan itu, sehingga para atlet nantinya tampil maksimal pada kejuaraan empat tahun tersebut. 7 dar

Komentar