nusabali

Badung Optimalkan Layanan Inovasi Ucok

  • www.nusabali.com-badung-optimalkan-layanan-inovasi-ucok

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung berupaya mengoptimalkan layanan inovasi Universal Coverage Ketenagakerjaan (Ucok).

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pun telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) pemanfaatan data kependudukan, pada Selasa (23/7).

Penandatangan MoU dilakukan langsung Kadisperinaker Badung Putu Eka Merthawan dan Kadisdukcapil Badung AA Arimbawa, dengan disaksikan langsung Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.

Arimbawa mengatakan perjanjian kerja sama ini tercatat dengan Nomor 119/799/Disdukcapil/2024 dan Nomor 119/01/Disperinaker/2024, yang bertujuan untuk memberikan hak akses atas data kependudukan kepada lembaga pengguna guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Akses data tersebut diberikan oleh Menteri Dalam Negeri dengan mempertimbangkan aspek perlindungan data pribadi dan keamanan negara. Persetujuan ini dituangkan dalam perjanjian kerja sama setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dasar dari perjanjian kerja sama ini, lanjut Arimbawa, adalah Surat Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor 400.8.1.2/11352/Dukcapil tertanggal 31 Juli 2023 yang mengatur Persetujuan Permohonan Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan.

Sementara, Merthawan penyampaian terima kasih kepada Disdukcapil karena telah memfasilitasi hak akses atas data kependudukan yang amat bermanfaat buat pelayanan dalam mengoptimalkan layanan inovasi Ucok. “Saat ini difokuskan kepada pekerja rentan dengan jumlah 150.045 orang, tahun 2026 seluruhnya dapat dilindungi dengan Jamsostek,” ujarnya.

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi telah kerja keras membuat inovasi layanan yang amat bermanfaat buat masyarakat Badung, dengan berbasis data kependudukan yang valid dan berkualitas. “Saya apresiasi Kadisdukcapil dan Kadisperinaker karena inovasi layanan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Badung,” ujar birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini. 7 asa

Komentar