nusabali

Siswa SDN Satra Belajar Lesehan di Poskesdes

  • www.nusabali.com-siswa-sdn-satra-belajar-lesehan-di-poskesdes

Empat ruangan termasuk ruang tamu diubah menjadi kelas.

SEMARAPURA, NusaBali
Siswa SDN Satra, Kecamatan Klungkung, belajar lesehan di Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) sejak 2 minggu lalu. Penyebabnya, gedung sekolah SDN Satra dibongkar untuk renovasi. Perbaikan ruang kelas mendapatkan skala prioritas karena mengalami kerusakan cukup parah pada atap. Anggaran renovasi sebesar Rp 700 juta lebih. Pengerjaan ditarget selesai pada September 2024.

Siswa yang belajar di Poskesdes adalah siswa kelas 3, 4, 5, dan 6. Sedangkan kelas 1 dan 2 belajar di TK setempat. Mulai sekolah pukul 10.00 Wita atau setelah murid TK pulang. Mereka belajar lesehan menggunakan meja lipat. Sebelum masuk ke ruang Poskesdes untuk belajar, para siswa melepas sepatu dan meletakkannya di teras Poskesdes. 

Guru wali kelas I SDN Satra, Sang Ayu Made Alit Setiasih, mengatakan siswa sudah 2 minggu belajar di Poskesdes karena gedung sekolah masih diperbaiki. Keempat ruangan sangat berhimpitan sehingga suara kegiatan belajar mengajar terdengar di kelas lainnya. “Empat ruangan, termasuk ruang tamu diubah menjadi ruang kelas,” ujar Sang Ayu Setiasih, Kamis (25/7). 

Walau terkesan kurang nyaman untuk proses belajar mengajar, hal itu sudah mendapatkan pemakluman dari orangtua siswa hingga nanti sekolah selesai direnovasi. “Belajar mengajar di Poskesdes juga tetap mendapatkan pengawasan ketat dari sekolah sebab di halaman Poskesdes masih cukup banyak batu-batu besar sehingga berbahaya jika ada siswa yang terjatuh ketika bermain,” ujar Sang Ayu Setiasih. 7 wan

Komentar