nusabali

Di Pangkung Tanah, 22 Ekor Hewan Disterilisasi

  • www.nusabali.com-di-pangkung-tanah-22-ekor-hewan-disterilisasi

NEGARA, NusaBali - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Jembrana bekerja sama dengan Yayasan Sevha Bhuana Denpasar menggelar sterilisasi Hewan Penular Rabies (HPR) di Balai Banjar Pangkung Tanah, Desa/Kecamatan Melaya, Jembrana, Kamis (25/7). Ada 22 ekor HPR disterilisasi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan-Kesmavet) pada Distanpangan Jembrana I Wayan Widarsa mengatakan, kegiatan sterilisasi ini bertujuan untuk mengendalikan populasi HPR. Kontrol populasi itu pun menjadi bagian untuk menekan kasus rabies. 

"Sterilisasi khusus anjing ras lokal. Antusiasme warga pun sangat luar biasa. Selain anjing, ada warga yang membawa kucing dan tetap dilayani sepanjang ras lokal. Tetapi prioritasnya tetap anjing ras lokal," ujar Widarsa.

Kegiatan sterilisasi kemarin berlangsung dari pukul 09.00 Wita hingga 14.00 Wita. Jumlah HPR yang berhasil disterilisasi mencapai 22 ekor. Terdiri dari 7 ekor anjing jantan, 7 ekor anjing betina, 1 ekor kucing jantan, dan 7 ekor kucing betina. Sterilisasi dilakukan dengan operasi ovariohysterectomy (OH) untuk HPR betina dan kastrasi untuk HPR jantan.

Dalam kegiatan sterilisasi itu, Distanpangan Jembrana juga membuka layanan vaksinasi rabies. Sebanyak 19 ekor HPR telah mendapatkan vaksinasi dalam kegiatan tersebut. "Kita pusatkan di Pangkung Tanah ini karena sebelumnya ada kasus anjing positif rabies," ujar Widarsa. 

Widarsa menambahkan, kegiatan sterilisasi HPR ini juga akan dilaksanakan di Balai Banjar Moding, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jumat (26/7). Layanan sterilisasi di Balai Banjar Moding akan dibuka mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita. "Pendaftaran dilakukan langsung di lokasi dengan membawa hewan peliharaan yang akan disteril," ujar Widarsa.7ode

Komentar