nusabali

Indonesia Ditantang ‘Musuh Bebuyutan’ Malaysia

Jelang Semifinal Piala AFF U-19 2024

  • www.nusabali.com-indonesia-ditantang-musuh-bebuyutan-malaysia

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Malaysia U-19 pada semifinal Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah Harimau Malaya imbang 1-1 melawan Thailand pada laga terakhir Grup C di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (25/7). Hasil ini membuat kedua tim memiliki tujuh poin.

Malaysia yang unggul selisih 16 gol menjadi juara Grup C akan menghadapi Indonesia yang menjadi juara Grup A, laga semifinal akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (27/7) pukul 19.30 WIB atau pukul 20.30 Wita besok.

Thailand yang lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik akan melawan juara Grup B Australia pada hari yang sama. Thailand unggul terlebih dahulu melalui Caelan Tanadon Ryan pada menit ke-5 setelah memanfaatkan kesalahan pemain Malaysia Muhammad Ridzwan yang tidak cermat menerima operan. Setelah unggul satu gol, Thailand kembali membobol gawang Malaysia pada menit ke-13. Namun, gol Piyawat Petra dianulir karena offside.

Malaysia yang tertinggal menyamakan kedudukan pada tiga lima menit setelah babak kedua mulai melalui gol penalti Pavithran Gunalan yang gagal dihalau Kiper Thailand Kittipong Bunmak. Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga akhir pertandingan karena kedua tim tak mampu menambah gol sampai babak kedua berakhir.

Pelatih Malaysia, Juan Torres Garrido menyatakan pertemuan melawan Indonesia memang sudah jadi skenarionya. "Saya kira ini laga yang bagus untuk ditonton (lawan Thailand)," kata Juan Torres Garrrido di konferensi pers pasca-laga lawan Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. "Saya pikir kami menurunkan tim yang sedikit lebih berbeda dibandingkan laga sebelumnya." "Harus dilakukan karena jadwal turnamen. Bagaimanapun kita jadi peringkat 1 grup dan itu adalah target kami," tambahnya.

Rivalitas sepakbola Indonesia dan Malaysia yang sudah berakar dipastikan akan membuat riuh babak semifinal Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 ini. Mayoritas publik pun menyambut gembira duel ini.  Ada yang membuat komentar lucu, serius, dan iseng. Namun sebagian besar di antaranya menyatakan dukungan ke tim asuhan Indra Sjafri ini dan yakin Garuda Nusantara akan ke final.

Sebelumnya Indonesia terlebih dahulu memastikan lolos ke semifinal setelah menghajar Timor Leste dengan skor 6-2pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7) malam. Kemenangan ini membuat Indonesia lolos semifinal Piala AFF U-19 2024 sebagai juara Grup A.

Kemenangan ini juga membuat Indonesia finish sebagai pemuncak klasemen akhir Grup A dengan poin sempurna, sembilan angka usai menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. 7 ant

Komentar