nusabali

Wisman Mendominasi Kunjungan ke Pantai Kuta

  • www.nusabali.com-wisman-mendominasi-kunjungan-ke-pantai-kuta

MANGUPURA, NusaBali - Wisatawan mancanegara (wisman) masih mendominasi tingkat kunjungan ke Pantai Kuta, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung. Paling banyak wisman yang berkunjung berasal dari Australia, sebab negara berjuluk Negeri Kanguru saat ini sedang memasuki musim dingin.

Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Pantai Kuta I Nyoman Arya Arimbawa, mengakui kunjungan wisatawan ke Pantai Kuta saat ini sudah kembali normal pasca Pandemi Covid-19. Diperkirakan, pengunjung di sepanjang Pantai Kuta dalam kondisi normal bisa mencapai 5.000 orang. Namun jika pada hari libur, angka tersebut dikatakan bisa lebih tinggi lagi.

“Bisa dibilang aktivitas di pantai, pedagang dan pengunjung sudah kembali normal. Ekonomi masyarakat di Kuta sudah kembali bangkit,” ujar Arimbawa, Kamis (25/7) siang.

Hal senada dikatakan Bendesa Adat Kuta Komang Alit Ardana. Menurutnya dia, kunjungan wisatawan ke Pantai Kuta menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kunjungan saat ini, lanjut dia, masih didominasi oleh wisatawan asing, khususnya dari Australia yang sedang mengalami musim dingin.

“Astungkara meningkat, yang berkunjung masih didominasi oleh wisatawan asing, ini dampak karena Australia saat ini sedang musim dingin, jadi kunjungan meningkat,” kata Alit.

Seiring dengan peningkatan kunjungan ini, lanjut Alit, menjadi tuntutan juga terhadap kenyamanan para wisatawan. Makanya, pembersihan Pantai Kuta rutin dilakukan setiap hari. “Kami sudah bergerak setiap pagi untuk melakukan pembersihan, itu adalah rutinitas kami. Harapan kami semua pedagang, semua krama (masyarakat, Red) yang beraktivitas di pantai untuk selalu menjaga kebersihan,” imbaunya.

Selain kebersihan, keamanan di wilayah Pantai Kuta juga menjadi perhatian utama, dengan peningkatan kewaspadaan dan antisipasi melalui penggerakan satgas pantai dan Bakamda. Alit juga menyebutkan bahwa penataan parkir menjadi bagian dari antisipasi tersebut. “Termasuk parkir juga kami antisipasi. Petugas parkir harus memperhatikan kantong parkir yang kita miliki, itu harus dioptimalkan agar tidak meluber ke badan jalan,” tegas Alit. 7 ol3

Komentar