nusabali

Wawali Arya Wibawa Buka Puncak Festival Anak Denpasar 2024

Juga Dimeriahkan Berbagai Agenda Libatkan Anak Anak

  • www.nusabali.com-wawali-arya-wibawa-buka-puncak-festival-anak-denpasar-2024

DENPASAR, NusaBali - Agenda Puncak Festival Anak Denpasar 2024 yang menyemarakkan  Peringatan Hari Anak Nasional, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Taman Kota, Lumintang, Denpasar, Kamis (25/7).

Penampilan Anak-anak dari tingkat sekolah Taman Kanak-Kanak hingga disabilitas turut memeriahkan Puncak Festival Anak tahun ini. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi III DPRD Denpasar, Eko Supriadi, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana. 

Pelaksanan Puncak Festival Anak Denpasar diawali dengan pembukaan parade kesenian dari anak-anak TK hingga SMP yang dilepas Bunda PAUD Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara, bersama Ketua GOW Denpasar, Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, dan pimpinan OPD Pemkot Denpasar. 

Wawali Arya Wibawa di sela-sela kegiatan menyampaikan peringatan Hari Anak Nasional merupakan momen penting dalam menggugah seluruh komponen untuk menjamin pemenuhan hak anak. 

"Anak merupakan modal pembangunan dan awal kunci kemajuan bangsa di masa depan. Denpasar sebagai Kota Layak Anak kategori utama, menjamin setiap hak anak berhak mengekspresikan pendapat mereka tentang kotanya," ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut disampaikan Pemerintah Kota Denpasar telah mengambil berbagai langkah untuk melindungi hak-hak anak dan memastikan kesejahteraan mereka. Beberapa langkah penting yang telah diambil, antara lain membentuk forum anak di tingkat kota, dan kecamatan untuk memberikan ruang bagi anak-anak berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu yang mempengaruhi kehidupan mereka.

"Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Denpasar untuk menciptakan lingkungan yang aman, mendukung, dan ramah anak, serta melindungi hak-hak mereka secara efektif," lanjut Arya Wibawa.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar, IGA Sri Wetrawati didampingi Ketua Panitia, AA Mahananda Yoga menyampaikan, Festival Anak Kota Denpasar sebagai agenda tahunan yang diselenggarakan Forum Anak Daerah Kota Denpasar. Tahun ini mengusung tema ‘Cipta Karya Karsa’ sebagai sebuah kemampuan untuk menciptakan hal baru dengan semangat dalam diri untuk terus berkarya. 

"Pelaksanaan Festival Anak Denpasar dalam rangka Hari Anak Nasional Tahun 2024 melalui berbagai kegiatan mulai dari Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato dan Esai, Lomba Sketsa, Lomba Parenting KLA, Lomba Olahraga Tradisional, hingga puncak acara yang dipusatkan di Taman Kota Lumintang, Denpasar," jelasnya.

Di samping itu pihaknya juga berharap agenda Festival Anak Denpasar dapat sebagai wadah partisipasi anak dalam mengembangkan bakat, serta dapat menumbuhkan sikap, akhlak, dan karakter yang baik terhadap anak. 

Festival Anak Denpasar diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama para tamu undangan lainnya. @mis

Komentar