nusabali

2 Ha Lahan Perumda Bali Terbakar

  • www.nusabali.com-2-ha-lahan-perumda-bali-terbakar

Penyebabnya masih dalam penyelidikan. Lahan yang terbakar itu lahan milik Perumda Bali, namun kondisi kosong. Di areal lahan yang terbakar hanya berisi semak belukar dan ilalang.

NEGARA, NusaBali
Kebakaran terjadi di lahan milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Provinsi Bali di Banjar Dauh Pangkung, Desa/Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Jumat (26/7) sore. Kebakaran ini menghanguskan lahan seluas kurang lebih 2 hektare yang ditumbuhi semak belukar dan ilalang.

Dari informasi, kebakaran lahan itu terjadi pada sekitar pukul 15.00 Wita. Peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh salah satu warga setempat, I Putu Priska Permana, 30, yang hendak mencari rumput di lahan milik Perumda Bali tersebut.

Saat itu, saksi melihat asap dan api yang telah menyala dengan melalap semak belukar dan ilalang di lahan setempat. Khawatir api semakin meluas, terlebih lokasi lahan berada dekat pemukiman warga, saksi bergegas menghubungi aparat desa dan Polsek Pekutatan untuk meminta bantuan pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana.

Menanggapi laporan tersebut, empat unit mobil Damkar segera dikerahkan ke lokasi. Dibawah pimpinan Sekretaris Satpol PP Jembrana I Putu Sindu Yasa yang ikut terjun ke lokasi kejadian, petugas berhasil memadamkan api pada sekitar pukul 16.30 Wita.

Kapolsek Pekutatan Kompol I Putu Suarmadi mengatakan, tidak ada korban maupun kerugian materiel dalam peristiwa kebakaran lahan tersebut. Setelah menerima laporan, jajaranya langsung turun ke lokasi dan meminta keterangan sejumlah saksi-saksi.

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan. Lahan yang terbakar itu lahan milik Perumda Bali, namun kondisi kosong. Di areal lahan yang terbakar hanya berisi semak belukar dan ilalang," ujar Kompol Suarmadi.

Menurut Kompol Suarmadi, semak belukar dan ilalang di lahan itu pun kondisi kering karena musim kemarau. Untuk antisipasi kejadian serupa, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih waspada dengan hal-hal yang bisa memicu kebakaran lahan. Baik itu membakar sampah, meninggalkan api dupa, ataupun saat membuang puntung rokok.7 ode

Komentar