nusabali

Permudah Bayar Pajak, Layanan Samsat Masuk Desa

  • www.nusabali.com-permudah-bayar-pajak-layanan-samsat-masuk-desa

BANGLI, NusaBali - UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali atau Kantor Samsat Bangli mengintesifkan layanan ke desa. Guna mempermudah masyarakat membayar pajak, dilaksanakan program/laganan Samsat Matulung atau layanan langsung ke desa.

Kasi Pelayanan UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Provinsi Bali di Bangli I Gusti Bagus Wirya Putra menjelaskan layanan Samsat Metulung bekerja sama dengan kepala desa/perbekel. Yang mana tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak. "Sejatinya berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Kami ada e-Samsat dan door to door menyasar wajib pajak yang menunggak," jelasnya Jumat (26/4).

Lanjutnya, dalam sebulan paling tidak layanan Samsat Matulung menyasar 5 desa. Seperti pada Juli ini, sasaran ada di Kecamatan Susut dan Kintamani. Desa yang menjadi sasaran, yang wajib pajak cukup banyak menunggak. "Masyarakat enggan membayar pajak alasan karena jarak jauh. Selain itu sibuk bekerja. Dengan adanyan layanan Samsat Matulung, masyarakat lebih mudah membayar pajak," ujarnya.

Menurut Gusti Wirya, layanan Samsat Matulung mendapat respon baik dari masyarakat. Meski desa sudah menjadi sasaran Samsat Metulung, namun jika ada permintaan layanan pihakmya siap datang ke desa tersebut.

Sementara itu, tahun 2024 target pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 35.553.732.258. Hingga 24 Juli realisasi sudah Rp 20.375.519.700 atau 57,31 persen. Sedangkan target Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar Rp 21.758.128.000 dan realisasi Rp 22.122.436.000 atau 101,6 persen. "Untuk PKB kami optimis bisa penuhi target," ungkapnya. 7esa

Komentar