nusabali

Tingkat Hunian Vila Tembus 85-90 Persen

  • www.nusabali.com-tingkat-hunian-vila-tembus-85-90-persen

DENPASAR, NusaBali - Tingkat hunian atau okpunasi vila saat ini berada di angka 85-90 persen. Peningkatan ini dipengaruhi masuknya masa high season untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali yang biasa terjadi Juni hingga Agustus.

Tingginya tingkat hunian vila ini diakui Ketua Bali Villa Association (BVA) Putu Gede Hendrawan atau Jro Hendrawan. “Astungkara sampai saat ini okupansi vila masih bagus,” ujarnya, Jumat (26/7).

Menurut Jro Hendrawan, sebagian besar wisatawan yang tinggal di vila adalah wisman. Hanya tidak disebutkan beberapa perbandinganya dengan wisatawan domestik (wisdom). “Mungkin karena suasana dan fasilitas yang lebih privat,” duga Jro Hendrawan sembari menyebut lama menginap wisman di vila berkisar 3-5 malam.

Walaupun kini sedang masuk high season, Jro Hendrawan tidak memungkiri ada masanya tingkat kunjungan wisman menurun. Biasanya, sebutnya, kunjungan wisman mulai berkurang setelah Agustus atau pada awal September. “Siklusnya memang demikian biasanya. Namun, semoga kunjungan wisatawan tetap stabil. Bila perlu agar makin banyak,” harapnya.

Menurutnya kondisi pariwisata Bali yang terus membaik dan pulih setelah pandemi Covid-19, menjadi moment untuk lebih menggenjot kunjungan wisatawan ke Bali. BVA, kata Jro Hendrawan, sudah meminta kepada pengelola atau manajemen vila memberikan pelayanan semaksimal mungkin, arena pelayanan yang baik, akan menjadi feed back untuk mengundang lebih banyak wisatawan datang ke Bali.

“Harapan kita persebaran wisatawan juga lebih merata di seluruh Bali, sehingga pertumbuhan ekonomi juga semakin bagus,” harap Jro Hendrawan, praktisi pariwisata asal Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung ini. 7 k17

Komentar