nusabali

Jalan Rusak, Warga Sangket Desak Pemerintah Segera Perbaiki

  • www.nusabali.com-jalan-rusak-warga-sangket-desak-pemerintah-segera-perbaiki

SINGARAJA, NusaBali - Warga yang tinggal di Lingkungan Sangket, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng, mengeluhkan jalan rusak di lingkungan tersebut.

Mereka mendesak pemerintah segera memperbaiki jalan rusak yang terletak di RT 4 dan 5 tersebut. Desakan itu disampaikan warga saat mendatangi  Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng.

Ketua Sabha Desa Pekraman Sangket, Made Teja mengatakan, pengajuan anggaran untuk perbaikan jalan telah diajukan berulang kali. Rehabilitasi jalan rusak sepanjang 700 meter itu dinilai sangat penting untuk pengembangan pariwisata dan sektor pertanian. Kemudian yang terpenting untuk meminimalisir dampak bencana alam yang sering terjadi di daerah tersebut.

Ia menyebut, jalan itu sudah rusak parah selama bertahun-tahun. "Kerusakan tersebut telah terjadi selama tujuh tahun terakhir. Kami berharap pemerintah dapat menganggarkan perbaikan tersebut dalam anggaran induk tahun 2025," jelasnya, Jumat (26/7) di Kota Singaraja.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra, mengatakan, perbaikan jalan tersebut telah dikaji secara teknis akan menelan anggaran sebesar Rp1,8 miliar. Ia menyebut, laporan hasil kajian tersebut akan disampaikan kepada Penjabat Bupati Buleleng untuk mendapatkan dukungan dan persetujuan agar bisa dianggarkan dalam APBD 2025.

Dinas PUTR, kata Adipta, juga sedang menyiapkan desain teknis dan gambar rencana perbaikan jalan tersebut. Keputusan akhir terkait alokasi anggaran akan menunggu persetujuan dari Pj Bupati Buleleng. "Mudah-mudahan beliau bisa membantu dan anggaran juga siap, sehingga proyek ini bisa terlaksana tahun depan," kata Adiptha.

Pihaknya berharap, usulan perbaikan jalan bisa terealisasi. Sebab infrastruktur jalan yang baik dapat mensejahterakan masyarakat setempat.7 mzk

Komentar