nusabali

KONI Bali Optimistis Raihan Medali Emas PON Lebihi Target

  • www.nusabali.com-koni-bali-optimistis-raihan-medali-emas-pon-lebihi-target

DENPASAR, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali optimistis raihan emas Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara mampu melebihi target 45 medali emas. Keyakinan itu muncul setelah dua pekan lebih menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda), serta melihat kondisi dan atlet PON Bali masing-masing cabor.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengatakan, dirinya punya hitung-hitungan tersendiri setelah melihat perkembangan dalam dua pekan lebih Pelatda. Namun, hal itu tidak meleset jauh dari target sebelumnya di angka 45 emas. 

"Saya itu ada hitung-hitungan tersendiri. Kalau memang 549 atlet itu dapat rasanya tidak mungkin? Itu kan ada hitung-hitungan juga. Kita bertarung ada lawan dan harus ada yang menang. Yang target awal tetap 45, tapi optimistis bisa lebih," kata Oka Darmawan, Jumat (26/7).

Dia juga menekankan, target PON 45 emas  juga sudah disepakati masing-masing Pengprov Cabor yang mengirimkan atletnya ke ajang empat tahunan tersebut. Oka Darmawan juga berharap para pengurus cabor ini harus menepati janji untuk target emas masing-masing.

"Sejauh ini masih dalam on the right track. Semua Pengprov Cabor harus pegang janjinya untuk target emas. Maka sesuai dengan sport intelejen saya, (45 emas) itu bisa tercapai dan bahkan bisa lebih," tandas Oka Darmawan.

Guna memaksimalkan persiapan pun, kata Oka Darmawan, pihaknya melalui Ketua Pelatda Bali, Agung Bagus Tri Candra bersama timnya rutin melakukan pemantauan berkala di sejumlah lokasi Pelatda, baik yang di wilayah Denpasar maupun di kabupaten lainnya. Bahkan, hasil pemantauan itu terus dievaluasi untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh atlet. Target emas 45 atau bahkan lebih itu bisa terwujud. 

"Pemantauan masih terus dilakukan. Terus berkomunikasi dengan atlet dan juga dengan pengurus cabornya. Ini yang terus dilakukan saat ini," terang Oka Darmawan.

Untuk diketahui, KONI Bali saat ini sudah melaksanakan Pelatda. Total ada 17 akomodasi yang digunakan untuk mengakomodir 549 atlet dari 49 cabang olahraga. Adapun lokasi Pelatda terbagi dalam tiga kategori, yakni di Kota Denpasar, di luar kota atau di sejumlah kabupaten di Pulau Dewata dan juga di luar daerah, seperti di Malang, Jakarta, Jawa Barat dan Medan. dar

Komentar