nusabali

Irjen Daniel Adityajaya Gantikan Putra Narendra

Kapolda dan Dansat Brimob Polda Bali Diganti

  • www.nusabali.com-irjen-daniel-adityajaya-gantikan-putra-narendra

DENPASAR, NusaBali - Setelah sekitar setahun menjabat sebagai Kapolda Bali, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra diganti karena telah memasuki masa pensiun.

Kursi jabatan yang ditinggalkan oleh jenderal bintang dua putra asli Bali ini diisi oleh Irjen Pol Daniel Adityajaya yang terakhir menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara. 

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan dikonfirmasi pada Sabtu (27/7) sore, membenarkan adanya informasi tersebut. Kombes Jansen mengatakan mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST Nomor/1554/VII/2024, tanggal 26 Juli 2024, perihal mutasi yang berisi 157 Pati dan Pamen Polri yang mendapat promosi jabatan.

“Dalam surat telegram itu Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra yang pada 27 Juli 2024 berulang tahun ke–58 tahun, memasuki masa purna bakti dari Polri. Kapolda Bali selanjutnya adalah Irjen Pol Daniel Adityajaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara sejak 24 Januari 2022 lalu,” kata Kombes Jansen. 

Perwira melati tiga di pundak ini menjelaskan Irjen Daniel merupakan lulusan Akpol 1991 dan sangat berpengalaman dalam bidang Reserse dan sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Selain Kapolda Bali, salah satu perwira menengah di lingkungan Polda Bali yang turut dimutasi adalah Dansat Brimob Kombes Pol Firdaus Wulanto. Kombes Firdaus mendapat kepercayaan sebagai Kabagjiantekpol di STIK Lemdiklat Polri. Kursi jabatan yang ditinggalkannya diisi oleh Kombes Pol Rachmat Hendrawan yang sebelumnya dinas Baharkam Polri.

Kapolda Bali yang baru Irjen Pol Daniel Adityajaya memiliki pengalaman tugas pada posisi strategis baik di dalam maupun di luar Polri. Misalnya pernah menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Sultra tahun 2012. Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri tahun 2019. Widyaiswara Utama Sespim Tk I Lemdiklat Polri tahun 2021. Kemudian menjabat Kapolda Kalimantan Utara tahun 2022 dan kini menjabat Kapolda Bali.

Sementara di luar Polri, jenderal kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 11 Juli 1969 ini pernah menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Penanganan Konflik Pertanahan Kementerian ATR/BPN tahun 2020. 

Informasi yang beredar untuk sementara Irjen Kade Putra Narendra sebagai Pejabat Tinggi (Pati) Polda Bali dalam rangka pensiun.

“Mutasi jabatan merupakan hal yang biasa di intern setiap kesatuan khususnya Polri. Mutasi ini penting dilakukan guna memberikan reward dan penyegaran terhadap para personil Polri,” ucap Kombes Jansen. 7 pol

Komentar