nusabali

KPK Gelar Bimtek Keluarga Berintegritas di Badung

  • www.nusabali.com-kpk-gelar-bimtek-keluarga-berintegritas-di-badung

MANGUPURA, NusaBali - Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas di Cinnamon Ballroom Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali, Senin (29/7).

Acara ini mengusung tema ‘Mewujudkan Keluarga Berintegritas Melalui Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi’.

Turut hadir Plh Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Jhonson Ridwan Ginting, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Inspektur Badung Luh Suryaniti, perwakilan Forkopimda, para asisten beserta kepala perangkat daerah didampingi istri dan suami di lingkup Pemkab Badung.

Plh Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Jhonson Ridwan Ginting, mengatakan bimtek ini digelar sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi yang ditujukan kepada pasangan pejabat di Badung, agar dapat memahami apa itu praktek korupsi dan bagaimana dalam keluarga bisa menanamkan nilai-nilai anti korupsi.

“Strategi KPK dalam penanganan korupsi ada tiga. Pertama, ada penindakan dengan memberikan efek jera pada pelaku korupsi. Kedua, pencegahan dengan melakukan segala inovasi, sehingga celah-celah korupsi bisa ditutup. Ketiga, pendidikan dengan menyasar banyak pihak, di antaranya para pejabat di lingkungan pemerintah daerah,” ujarnya.

“Kalau kita perhatikan tindak kejahatan yang dulu kita tangani dilakukan di lingkungan kantor dengan bekerjasama dengan rekan-rekan di lingkungan kantornya. Tetapi statistik belakangan ini yang membuat kita khawatir adalah kejahatan korupsi dibawa ke rumah dengan dibantu keluarganya. Fenomena ini sangat mengerikan,” imbuh Jhonson.

Dia pun berharap melalui bimtek ini terbentuk keluarga yang menjalankan kejujuran. “Kejujuran di antara pasangannya masing-masing, ada keterbukaan, sehingga para pasangannya sebagai ASN, dengan beban tugas yang cukup berat, bisa bekerja dengan cukup lapang serta lebih tahan godaan Itu yang ingin kita bentuk melalui bimtek ini,” harapnya.

Sementara, Wabup Suiasa mengatakan kegiatan bimtek ini sangat penting bagi pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Badung. “Tentu kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena budaya antikorupsi itu harus dibangun juga dari keluarga, selain memang dari faktor personalnya tapi dalam membangun integritas itu sendiri penting juga dibangun integritas dalam lingkungan keluarga,” ujarnya.

“Ada tiga nilai kunci yang harus kita tanamkan yaitu kejujuran, disiplin dan tanggung jawab. Kalau ketiga nilai ini sudah bisa diwujudkan dalam keluarga, maka itu pintu awal yang akan mengunci korupsi itu sendiri. Sebaliknya salah satu dari ketiga ini tidak terbangun dengan baik, maka itu akan jadi pintu masuk korupsi,” kata Wabup Suiasa. 7 asa

Komentar