nusabali

Ratusan Murid TK Ikuti Edukasi Keuangan Sejak Dini

Juga Peluncuran Buku Cerita Berisi Ajakan Gemar Menabung

  • www.nusabali.com-ratusan-murid-tk-ikuti-edukasi-keuangan-sejak-dini

DENPASAR, NusaBali - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bali bekerjasama dengan Bank BPD Bali dan IGTKI-PGRI Kota Denpasar, menggelar kegiatan edukasi keuangan serta peluncuran buku cerita berjudul ‘Olin Gemar Menabung dan Lilo Piknik’, di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara, Senin (29/7). Acara tersebut diikuti 200-an murid taman kanak-kanak se–Kota Denpasar.

Hadir Kepala OJK Provinsi Bali Kristrianti Puji Rahayu, Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara, Bunda PAUD Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma. 

Kristrianti yang juga penulis buku cerita tersebut menjelaskan, peluncuran buku cerita ini dimaksudkan sebagai alat edukasi yang dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar keuangan kepada anak-anak sejak usia dini. 

“OJK telah menyusun buku literasi keuangan tingkat PAUD dalam lima seri, sebagai langkah konkret untuk meningkatkan pemahaman keuangan pada usia yang paling dini,” ujarnya.

Kristrianti memaparkan, pemahaman keuangan merupakan bekal penting bagi anak-anak saat mereka memasuki usia produktif di masa depan. Pengenalan menabung merupakan hal yang krusial untuk diajarkan sedini mungkin, karena menabung bukan hanya kebiasaan baik, tetapi juga membentuk karakter hemat.

Walikota Jaya Negara mengapresiasi program literasi ini. Baginya, pengembangan kesadaran finansial sejak dini, diharapkan mampu menggiring anak-anak tentang pentingnya menabung, mengelola Uang, dan memahami nilai uang sejak dini.

“Dengan memahami konsep ini, diharapkan anak-anak kita akan tumbuh menjadi generasi yang lebih bijak dan terampil dalam mengelola keuangan mereka di masa depan. Terima kasih pihak OJK, BPD Bali, IGTKI, dan jajaran Pokja Bunda PAUD atas terselenggaranya kegiatan ini. Pemkot Denpasar siap untuk terus mendukung program positif seperti ini,” ucap Walikota Jaya Negara. 

Antari Jaya Negara yang membacakan isi cerita buku tersebut mengemukakan, Pokja Bunda PAUD selama ini terus melakukan upaya koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak mengenai pembelajaran dan pembekalan kepada anak usia dini.
“Termasuk di dalamnya adalah edukasi seputar keuangan seperti ini. Ke depannya banyak edukasi lainnya yang bisa menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, sehingga apa yang disampaikan kepada anak usia dini dapat mudah dipahami mereka,” tuturnya. 

Antari Jaya Negara juga menekankan pentingnya peran guru dan orangtua dalam menyukseskan program ini. Buku ini, lanjutnya, akan menjadi alat yang efektif jika didukung oleh interaksi aktif antara guru, anak-anak, dan orangtua. 

“Saya mengajak para guru untuk mengintegrasikan materi dari buku ini ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di kelas. Orangtua juga diharapkan dapat melanjutkan pembelajaran ini di rumah dengan membaca,” ujarnya. @ mis

Komentar