nusabali

Kelian Banjar di Kelurahan Dibantu Rp 250.000/Bulan

  • www.nusabali.com-kelian-banjar-di-kelurahan-dibantu-rp-250000bulan

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kesejahteraan kelian banjar adat di kelurahan.  Setiap bulan kelian banjar ini menerima Rp 250.000.

Disparbud berencana mengusulkan penambahan dana untuk peningkatan kesejahteraan kelian banjar adat itu. Kabid Adat dan Tradisi Disparbud Bangli Ni Made Martiniasih Damayanti menyampaikan banguan dana itu untuk mendukung kegiatan adat. Disparbud Bangli mengalokasikan anggaran untuk kelian banjar adat dan bendesa adat. 

Selain itu sebagi bentuk penghargaan atas keikhlasan ngayah para kelian dan bendesa dalam meningkatkan dan menjaga   adat Bali yang merupakan akar budaya di Bali. 

"Tahun anggaran 2024 dialokasikan Rp 81 juta untuk kelian banjar adat dan Rp 48 juta untuk bendesa adat," jelasnya, Senin (29/7).

Menurut Martiniasih, kelian banjar adat menerima Rp 250.000 per bulan sedangkan bendesa adat Rp 500.000 per bulan. Terkait anggaran belum cair, pihaknya menegaskan dana itu telah cair hingga Juni. "Diberikan per bulan, namun pencairan setiap semester atau per enam bulan. Dana sudah cair dan langsung masuk ke rekening penerima," tegasnya. 

Disampaikan pula, pihaknya berencana untuk mengusulkan penambahan nominal. Namun demikian, belum dipastikan besaran penambahan tersebut. "Usulan kenaikan ada, semoga bisa terakomodir. Untuk nominal belum kami pastikan," sebutnya. Di kelurahan terdapat 8 orang bendesa adat dan 27 kelian banjar.7esa

Komentar