nusabali

PIN Polio di Bangli Capai 73 Persen

  • www.nusabali.com-pin-polio-di-bangli-capai-73-persen

BANGLI, NusaBali - Program Pekan Imuninsasi Nasional (PIN) Polio dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan juga ilaksanakan di Kabupaten Bangli. Dinas Kesehatan menargetkan 25.065 anak. Dalam sepekan pelaksanaan PIN Polio ini 18.428 anak telah mendapatkan vaksin polio atau 73 persen.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Diskes Bangli, I Nyoman Sudarma mengatakan PIN Polio diperuntukkan bagi anak usia 0 -  tahun 11 bulan 29 hari. Program pemerintah sejatinya bertujuan memutus mata rantai penyebaran penykiat polio atau  mencegah generasi penerus bangsa dari penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan permanen

"Untuk progrma PIN Polio menyasar sebanyak 25.065 anak  yang tersebar di empat kecamatan," jelasnya Senin (29/7).

Pelaksanaan KIM didukung 492 pos PIN Polio yakni Puskesmas, Posyandu, dan Pos Pelayanan Imuninasi terdekat.. PIN Polio dilakukan dua putaran dimulai sejak 23 Juli sampai 17 Agustus 2024.

Menurut Nyoman Sudarma, dalam kurun waktu sepekan realisasi 18.428 anak. "Berdasarkan laporan dari 12 Puskesmas yang tersebar di empat kecamatan sebanyak 18.428 anak telah mendaptkan vaksin polio, dari target 25.065 anak. Capaian vaksinasi ini di angka 73 persen," sebutnya. 

Dinas pun optimis target akan  bisa terealisasi. Terlebih lagi petugas sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi. 

Meski hampir tuntas, pihaknya berharap peran serta masyarakat  untuk  ikut menyukseskan program ini dengan membawa atau mengajak anak- anak ke pos PIN terdekat. 7esa

Komentar