nusabali

Hasil Coklit Pemilih Pilkada di Kabupaten Bangli, Pemilih Disabilitas Bertambah

  • www.nusabali.com-hasil-coklit-pemilih-pilkada-di-kabupaten-bangli-pemilih-disabilitas-bertambah

BANGLI, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli mencatat ada penambahan pemilih penyandang disabilitas. Hal ini mengacu dari hasil proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit). KPU terus melakukan pemutakhirkan data pemilih Pilkada Serentak 2024.

Komisioner KPU Bangli, Ni Putu Anom Januwintari saat dikonfirmasi mengatakan dari data  Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang di terima KPU Bangli, sebanyak  445 pemilih masuk kategori pemilih disabilitas. Kemudian, setelah dilakukan pencoklitan, jumlah tersebut meningkat hingga 100 persen lebih yakni mencapai  1.027 pemilih disabilitas. 

“Kondisi ini dikarenakan banyak pemilih disabilitas yang sudah masuk dalam DPT tidak tercantum kategori disabilitasnya. Pemilih disabilitas yang ditemukan, tersebar ke dalam beberapa kategori disabilitas,” ujar Januwintari di Bangli, Senin (29/7).

Adapun detail jumlah disabilitas fisik sebanyak 395 orang, disabilitas intelektual  54 orang, disabilitas mental 215 orang, tuna wicara 179 orang, tuna rungu 48 orang dan tuna netra 136 orang, Anom Januwintari menegaskan, KPU Bangli komitmen akan terus pastikan  para pemilih penyandang disabilitas terdata dengan baik, sehingga dapat menjamin hak konstitusionalnya untuk berpartisipasi dalam ajang demokrasi.  

Dengan adanya data yang akurat, maka dapat meningkatkan pelayanan KPU, baik pada saat hari pemungutan suara maupun strategi sosialisasi yang akan di lakukan. “Kami harapkan partisipasi masyarakat dalam ajang demokrasi terus meningkat,” ujar Januwintari. 7esa.

Komentar