nusabali

Pj Bupati Cek Cabai Merah dan Beras

  • www.nusabali.com-pj-bupati-cek-cabai-merah-dan-beras

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengecek stok cabai merah di Pasar Galiran, Pasar Semarapura hingga ke petani, Senin (29/7) sore. Pj Bupati turun ke lapangan karena harga cabai merah belakangan ini cukup tinggi kisaran Rp 75.000/Kg.

Sesuai arahan Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir, agar langsung turun memantau ketersediaan cabai merah dan beras di gudang Bulog Klungkung. “Harga cabai merah di Pasar Galiran maupun Pasar Semarapura rata-rata Rp 75 ribu/Kg,” ujar Jendrika.

Selanjutnya Pj Bupati Klungkung mengecek petani cabai di subak Desa Selisihan, Kecamatan Klungkung. Di lahan 47 hektare yang ditanami cabai mulai bulan Februari, Jendrika melihat sebagian besar masih produksi. Kebutuhan cabai merah pada Juli 2024 ini meningkat. 

Penyebab kenaikan harga cabai akibat cuaca yang tidak mendukung sehingga tanaman cabai cepat terserang hama. “Untuk di Bali masyarakat juga banyak melaksanakan upacara agama seperti ngaben massal dan perkawinan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap ketersediaan cabai di pasar,” kata Jendrika.

Sementara itu, harga beras premium super mama Rp 15.500/Kg, beras medium C4 Rp 13.500/Kg, beras lokal atau beras polos Rp 14.000/Kg. Jendrika juga meninjau ketersediaan beras di Bulog Klungkung. Ada 500 ton stok beras. 

“Dari hasil pantauan kami ketersediaan beras di pasar dan Bulog masih cukup aman untuk kebutuhan pokok masyarakat Klungkung,” ujar Jendrika didampingi Kadis Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida dan Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa. 7 wan

Komentar