nusabali

Wabup Ipat Dorong Koperasi Lebih Inovatif dan Akuntabel

  • www.nusabali.com-wabup-ipat-dorong-koperasi-lebih-inovatif-dan-akuntabel

NEGARA, NusaBali - Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) mendorong koperasi di Jembrana untuk terus berinovasi. Koperasi pun diharapkan bisa terus meningkatkan akuntabilitas serta tata kelola sehingga semakin dipercaya masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wabup Ipat saat menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Koperasi Nasional Kabupaten Jembrana di Gedung Mendopo Kesari, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Selasa (30/7). Dengan mengusung tema ‘Koperasi Mitra Pemerintah Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan Menuju Jembrana Emas 2026’, perayaan HUT koperasi tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi koperasi untuk semakin berperan aktif dalam pembangunan daerah.

“Koperasi harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan zaman. Dengan meningkatkan inovasi dan akuntabilitas, koperasi akan semakin dipercaya oleh masyarakat dan mampu memberikan manfaat yang lebih besar,” ujar Wabup Ipat.

Wabup Ipat menyatakan peran koperasi menjadi sangat strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha. Seperti contoh pembangunan rumah produksi bersama (RPB) komoditas kakao Jembrana yang dikelola oleh koperasi untuk mengolah komoditas unggulan rakyat agar menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi.

“Koperasi telah menjelma menjadi solusi untuk memberikan kepastian pembelian produk. Kepastian terhadap akses inovasi teknologi, akses kemitraan, dan bahkan akses permodalan,” ucap Wabup Ipat. 

Wabup Ipat berharap lebih banyak lagi koperasi-koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi sehingga menjadi ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi generasi muda untuk berkiprah. “Mari manfaatkan kehadiran koperasi multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak-anak muda yang terbukti unggul,” kata Wabup Ipat.

Ketua Panitia I Made Sudana mengatakan, rangkaian kegiatan HUT ke-77 Koperasi di Jembrana dilaksanakan sejak Juni lalu, di antaranya penilaian koperasi berprestasi, kegiatan sosial, dan pelatihan pengelola koperasi. Kegiatan peringatan HUT koperasi ini diharapkan menjadi gerakan bersama untuk memajukan koperasi di Kabupaten Jembrana serta mengawal koperasi menjadi koperasi aktif dan sehat.

“Kami berharap gerakan koperasi dapat bersinergi sebagai gerakan mitra pemerintah yang berkontribusi bagi penguatan dan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa, khususnya di Kabupaten Jembrana,” harap Sudana. 7 ode

Komentar