nusabali

Capaian PIN Polio di Tabanan 80 Persen

  • www.nusabali.com-capaian-pin-polio-di-tabanan-80-persen

TABANAN, NusaBali - Capaian gebyar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Kabupaten Tabanan mendekati rampung. Per 29 Juli sudah menyasar 80 persen balita dan anak usia 0-7 tahun 11 bulan. Dinas Kesehatan menarget 100 persen pelaksanaan bakal dituntaskan per 4 Agustus 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan Ida Bagus Surya Wira Andi menegaskan PIN polio putaran 1 telah mendekati rampung. Mereka yang belum tersasar karena saat dijadwalkan tidak hadir lantaran kesibukan dan karena sakit. “Yang belum tersasar ini akan kami sweeping,” jelasnya, Selasa (30/7). 

Menurutnya target sweeping sampai tuntas dijadwalkan hingga 4 Agustus mendatang. Dan selanjutnya bakal dijadwalkan untuk pemberian PIN polio putara kedua. “Pemberian dosis kedua ini intervalnya 2-4 minggu dari dosis pertama,” imbuh Ida Bagus Surya. 

Dia menyebutkan tahapan pemberian imunisasi polio ini wajib diikuti. Sebab dalam mengantisipasi polio ini proses awal yang harus dilalukan adalah pencegahan. Karena jika sudah terlanjut terdiagnosa polio maka tidak bisa diobati. “Jadi pemberian imunisasi polio ini adalah instruksi langsung dari pusat sehingga wajib untuk diikuti,” tegasnya. 

Sebelumnya ada 40.448 anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan di Tabanan bakal disasar PIN polio. Pelaksanaan sudah dilakukan serentak sejak 23 Juli 2024. Pemberian imunisasi polio ini telah dikoordinir di masing-masing puskesmas.  

Dalam pemberian imunisasi polio ini anak-anak akan diberikan tetes sebanyak 2 dosis dengan interval 2-4 minggu dari dosis pertama. Pelaksanaanya tidak hanya di posyandu, karena ini berlaku pada anak sampai usia 7 tahun 11 bulan, pelaksanaan juga digelar di sekolah TK/PAUD, SD/MI, atau bisa digelar di pos imunisasi lainnya. 7 des

Komentar