nusabali

Koster Terima Bali Bhuwana Mahottama Nugraha dari ISI Denpasar

  • www.nusabali.com-koster-terima-bali-bhuwana-mahottama-nugraha-dari-isi-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Gubernur Bali periode 2018-2023 Wayan Koster menerima anugerah bergengsi Bali Bhuwana Mahottama Nugraha 2024 dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi signifikannya sebagai tokoh Pembaru Pemajuan Kebudayaan Indonesia, khususnya di Bali.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Rektor ISI Denpasar, Prof Dr I Wayan ‘Kun’ Adnyana dalam acara Dies Natalis XXI ISI Denpasar yang berlangsung di di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar Jalan Nusa Indah, Denpasar, Selasa (30/7) pagi.

Penyerahan penghargaan tertinggi ISI Denpasar kepada Wayan Koster ini juga disaksikan oleh Staf Khusus Bidang Kompetensi dan Manajemen, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Pramoda Dei Sudarmo MBA MPA bersama Ketua Senat ISI Denpasar Dr Ni Kadek Arsiniwati. 

Penganugerahan Bali Bhuwana Mahottama Nugraha 2024 yang diterima politisi senior PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini karena ISI Denpasar menilai Koster merupakan sosok pemimpin Bali yang memiliki dedikasi kuat dan reputasi sebagai Tokoh Pemajuan Kebudayaan.

Prof Kun Adnyana menjelaskan Bali Bhuwana Mahottama Nugraha 2024 ini diberikan kepada Wayan Koster karena peran pentingnya dalam memajukan kebudayaan sesuai amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Semasa aktif di Anggota DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Wayan Koster juga turut membidani keluarnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Dedikasinya di bidang kebudayaan terus dilakoni Koster saat menjabat sebagai Gubernur Bali periode 2018-2023 dengan keluarnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali, Perda Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali, hingga Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali, serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Selain menganugerahkan Bali Bhuwana Mahottama Nugraha 2024 kepada Koster, ISI Denpasar dalam kesempatan itu juga memberikan penganugerahan Bali Bhuwana Nata Kerthi Nugraha 2024 kepada Prof Ir Nizam MSc DIC PhD, Goenawan Soesatyo Mohamad, Miroslaw Wawrowski, Dr Koh Young Hun, Ni Nyoman Tjandri, Thedora Retno Maruti, dan Drs I Made Sudibia. 7 cr79

Komentar