nusabali

Tunjukkan Kelas, Keluarga Bangga

Kiprah Kadek Arel di Timnas U-19

  • www.nusabali.com-tunjukkan-kelas-keluarga-bangga

DENPASAR, NusaBali - Kemenangan Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada partai final Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 melawan Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur pada, Senin (29/7) malam tak terlepas dari peran pemain muda asal Bali, I Kadek Arel Priyatna. Pemain yang kini membela klub Bali United ini memberikan assist untuk gol semata wayang Garuda Muda sehingga mampu menundukkan skuad Negeri Gajah Putih itu. Penampilan apik pemuda kelahiran Denpa

Sang Ayah, Made Pariasa mengaku sangat senang dan bangga atas capaian Kadek Arel sehingga Timnas Indonesia besutan Pelatih Indra Sjafri ini berhasil menjadi juara AFF U-19. Apalagi anak kedua dari dua bersaudara ini masuk tim inti di skuad Timnas, bahkan menjadi pilar utama dan sangat membantu kemenangan. "Saya sangat bangga atas capaian dari Kadek Arel. Tentu kita bersyukur karena Timnas bisa keluar sebagai juara," ungkap Pariasa saat dihubungi, Selasa (30/7).

Dia juga mengaku kalau dirinya bersama sang istri, Ketut Rai Anggraeni men-support penuh atas jalan yang diambil Kadek Arel untuk menggeluti dunia sepak bola. 

Bahkan, dukungan tentunya dari segala bidang diperhatikan, mulai dari tempat latihan serta memberikan latihan maksimal. Tidak hanya itu, keluarga juga memperhatikan gizi, waktu istirahat dan kebutuhan lainnya. "Saya dan istri sangat support, 100 persen. Berikan jam terbang bermain di luar daerah atau luar negeri dengan biaya sendiri," kata pria asal Buleleng yang tinggal Jalan Kebo Iwa, Denpasar ini.

Atas capaian sang putra di Timnas U-19 di AFF ini, diharapkan bisa kembali dipercaya dan diberikan jam terbang, baik itu di klub Bali United tempatnya saat ini, maupun di Timnas Indonesia pada kelompok umur lainnya. Selain itu, dia juga berharap sang putra dan Timnas Indonesia juga bisa lolos AFC dan juga Piala Dunia. 

Pemain Timnas Indonesia Kadek Arel Priyatna dan rekan-rekannya berselebrasi usai mengalahkan Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7). –ANTARA 

"Ya harapannya bisa terus dipercaya, baik di Bali United maupun di Timnas dari berbagai kelompok usia, berikutnya kembali bisa dipanggil," pungkas Pariasa yang menonton langsung laga final Timnas Indonesia vs Thailand bersama istri dan putri pertamanya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. 

Bermodal skill, mental, jam terbang dan ditunjang postur tubuh setinggi 185 cm, keluarga Kadek Arel memiliki harapan Kadek bisa berkarier hingga ke luar negeri. Kadek Arel sendiri memulai karier dari SSB Guntur Denpasar dan melanjutkan perjalanan di Paradise Football Academy (PFA) yang memuluskan langkah Kadek Arel memulai cerita baru di Bali United Youth kategori usia U-13. Selama di Bali United Youth, Kadek Arel memulai perjalanan kompetisinya bersama Serdadu Tridatu Muda.

Memulai dari Piala Soeratin, Elite Pro Academy (EPA) U16 dan Elite Pro Academy (EPA) U18 hingga menjadi juara EPA Liga 1 U18 tahun 2021 lalu. Prestasi tersebut turut membawa Kadek Arel diminati tim pelatih untuk memulai perjalanan baru dengan berlatih bersama skuad senior di tahun lalu. Disiplin dan kerja keras Kadek Arel membuat dia diminati oleh tim senior untuk segera bergabung menjadi bagian Serdadu Tridatu senior. Kini Kadek Arel terus membuktikan kualitasnya sebagai pemain belakang.

Sementara saat memperkuat Timnas Indonesia U-19 di AFF U-19 Tahun 2024 ini, Kadek Arel menjadi salah satu pemain kunci dalam perjalanan gemilang Timnas Indonesia menuju gelar juara Piala AFF U-19 2024. Dia tidak tergantikan selama lima pertandingan Garuda Muda di turnamen tersebut, menunjukkan kelas dan kontribusi yang luar biasa pada tim. Meski sebagai bek tengah Timnas U-19 Indonesia, Kadek Arel juga berkontribusi dengan mencetak tiga gol. 

Untuk diketahui Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah menumbangkan Thailand U-19 dengan skor 1-0 melalui gol Jens Raven (17') di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin 919/7) malam. Ini merupakan gelar kedua Indonesia di Piala AFF U-19 setelah terakhir kali menjuarainya pada 11 tahun silam, tepatnya pada edisi 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. 

Perjalanan Timnas Indonesia U-19 menuju final Piala AFF U-19 2024 dan akhirnya menjadi juara juga penuh dengan tantangan dan prestasi gemilang. Skuad yang dipimpin oleh pelatih Indra Sjafri ini berhasil menunjukkan performa impresif sejak fase grup. Mereka berhasil melewati berbagai rintangan dengan kemenangan demi kemenangan yang mengesankan, termasuk kemenangan tipis 1-0 atas Malaysia di semifinal. 

Kemenangan ini juga membuktikan Pelatih Timnas Indonesia U19, Indra Sjafri kembali ‘berjodoh’ dengan Jawa Timur. Jawa Timur menjadi ‘rumah’ tersendiri bagi Indra setelah pada edisi 2013  di Sidoarjo, pelatih asal Batang Kapas, Sumatera Barat itu mengantarkan generasi Evan Dimas dan kawan-kawan menjadi juara Piala AFF U-19 untuk pertama kalinya. Pada edisi tahun ini di Surabaya, Indra kembali bawa Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 untuk kedua kalinya. 7 dar

Komentar