nusabali

Berlangsung Apik, Peringatan HKG PKK Ke-52 Tingkat Kabupaten Tabanan

  • www.nusabali.com-berlangsung-apik-peringatan-hkg-pkk-ke-52-tingkat-kabupaten-tabanan

TABANAN, NusaBali - Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya pimpin peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Kabupaten Tabanan Tahun 2024 di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, Selasa (30/7).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, jajaran Forkopimda, Sekda, Para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Mengambil tema ‘Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju’, kegiatan ini diharapkan dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK untuk bergerak bersama mensukseskan program-program pemerintah. Tema ini juga mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia. 

Acara ini juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba karaoke dan yel-yel yang diikuti oleh kader-kader PKK di seluruh kecamatan di Tabanan. Kehadiran para Ketua Organisasi Wanita di Tabanan, jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, hingga Ketua TP PKK dan anggota di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tabanan menunjukkan dukungan yang luas terhadap upaya penguatan peran PKK dalam pembangunan daerah.

Bupati Sanjaya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kehadiran organisasi wanita yang secara berkelanjutan memberikan dampak signifikan terhadap penguatan keluarga di Tabanan. “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, sebagai Bupati dan juga Pembina TP PKK, selalu akan bekerja sama mewujudkan visi kita Tabanan Era Baru yang artinya sejahtera. Itu kata kuncinya. Ketika kita memiliki gerak langkah yang sama, Visi Misi yang sama, tinggal kita bangun kehormatannya, sehingga semua organisasi yang ada di Tabanan memiliki nilai dan dampak,” sebutnya. 

Bupati Sanjaya juga berharap, ibu-ibu PKK sebagai pilar keluarga mampu berdiri kokoh untuk membangun Kabupaten, Provinsi bahkan Negara. “Di hari peringatan HKG ke-52 ini, Gerakan PKK di Kabupaten Tabanan harus istimewa dan luar biasa. Saya apresiasi kegiatan yang berlangsung hari ini yang diisi dengan lomba karaoke kader PKK se-Tabanan dan diikuti dengan penuh semangat dan antusias,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ny Rai Wahyuni Sanjaya juga sampaikan harapannya dalam HKG Ke-52 ini. Menurutnya seluruh kader PKK agar senantiasa bisa bersama-sama mengembangkan program PKK di wilayah masing-masing. Sehingga, terus sejalan dengan program pemerintah melalui 10 program pokok PKK. Dimana TP PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergisitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ketua TP PKK Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya. –IST 
 
Untuk memperkuat hal tersebut, dikatakan Bunda Rai ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian. 

"Pertama, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Kedua, yaitu mengoptimalkan Potensi Gerakan Masyarakat untuk bersinergi dengan Pemerintah dalam mempercepat Pembangunan Nasional dan Daerah, serta yang ketiga, yaitu pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024,” paparnya.

Bunda Rai juga menambahkan sesuai dengan yang diingatkan oleh Ketua Umum TP PKK, bahwa tahun 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024 dan Rencana Strategis Gerakan PKK. Untuk itu, seluruh kader diharapkan agar selalu kompak bersatu dan selalu bekerja keras.

“Besar harapan saya agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi Gerakan PKK Tahun 2021-2024, yaitu Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024,” pintanya. @ des 

Komentar