nusabali

Latihan Dalmas Polres Badung Sedot Perhatian Warga

  • www.nusabali.com-latihan-dalmas-polres-badung-sedot-perhatian-warga

MANGUPURA, NusaBali - Ratusan personel Polres Badung dipimpin langsung oleh Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono siaga di pintu masuk pusat pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Jalan Raya Sempidi, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung, pada Selasa, (30/7).

Ratusan personel yang dilengkapi dengan tameng tampak siaga penuh ternyata sedang menggelar latihan Dalmas (pengendalian massa). Kontan saja, persiapan Dalmas oleh Polres Badung ini menyita perhatian warga yang melintas. 

Latihan yang digelar dalam rangka melatih kesiapsiagaan personel Polres Badung dalam menjaga Kamtibmas menjelang Pilkada Serentak 2024 ini sempat dikira ada demo.

Kapolres Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono mengatakan latihan Dalmas sebenarnya rutin digelar, namun kini latihan ditingkatkan lagi.  Latihan yang dilakukan kemarin mengedepankan materi formasi Dalmas sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, desak maju, sikap berlindung dan sikap dorong maju. “Dalam latihan tidak hanya melatih bagaimana teknik menghalau massa tetapi juga latihan untuk tim negosiator,” ujar Kapolres AKBP Teguh. 

Kapolres Teguh yang didampingi Wakapolres Kompol Made Pramasetia, Kabag Ops Kompol I Gede Suarmawa, Kapolsek Mengwi Kompol I Ketut Adnyana dan Kasat Satsamapta AKP I Gusti Made Dharma Sudhira menyampaikan latihan pengendalian massa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personil. “Paling penting adalah meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi segala situasi saat di lapangan,” ujarnya.

Kapolres Teguh juga mengharapkan seluruh personil berlatih dengan sunguh-sungguh dan melaksanakan sesuai SOP di lapangan, yang dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti mobil water canon dan gas air mata. “Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota saat menghadapi aksi massa sekaligus untuk memastikan kesiapan anggota dalam menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2024 yang akan digelar sebentar lagi,” ungkap Kapolres Teguh.pol

Komentar