nusabali

Berprestasi, 52 SD Digelontor Dana BOS Kinerja

  • www.nusabali.com-berprestasi-52-sd-digelontor-dana-bos-kinerja

TABANAN, NusaBali - 52 SD di Kabupaten Tabanan mendapatkan dana BOS (bantuan operasional sekolah) kinerja tahun 2024. Dana BOS ini didapatkan berkat sekolah tersebut berprestasi.

Dana BOS yang didapat sekolah tersebut yakni tiga sekolah mendapat dana BOS kinerja sekolah penggerak. 44 SD mendapat dana BOS kinerja sekolah kemajuan terbaik, dan lima SD mendapat dana BOS kinerja sekolah berprestasi. 

Kasi Kurikulum dan Penilaian SD Dinas Pendidikan Tabanan, Ni Made Sukma Ariestuti mengatakan dana BOS yang didapat ini berkat prestasi dari sekolah. "Dana bos kinerja yang didapat jumlahnya bervariasi. Dari Rp 22,5 juta sampai Rp 80 juta," jelasnya, Rabu (31/7). 

Sukma menjelaskan dana BOS kinerja ini didapat langsung dari pusat. Penetapan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan termasuk juga apa yang menjadi acuan penerima BOS Kinerja di masing-masing kriteria. 

"Dinas Pendidikan hanya dapat informasinya, berbeda dengan BOS reguler yang memerlukan pengusulan dari dinas pendidikan, BOS Kinerja diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian dan kemajuan sekolah-sekolah di Tabanan," tegasnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan BOS kinerja ini adalah bentuk apresiasi kepada sekolah atas prestasi yang telah dibuat di masing-masing sekolah. "Tentu ini berkat dari pimpinan yakni Bapak Bupati Sanjaya yang terus memperhatikan sekolah di Tabanan untuk kemajuan pendidikan," jelasnya. 

Disebutkan, untuk sekolah yang mendapatkan BOS kinerja kategori penggerak ini didapat dari hasil tes kepala sekolah,lalu sekolah kemajuan terbaik atas hasil evaluasi  Standar Pelayanan Minimal (SPM) melalui raport ada peningkatan item pada SPM dan sekolah yang berprestasi atas prestasi sekolah sesuai dengan kriteria tertentu yang ditentukan oleh Kementrian. 

"Penggunaan BOS Kinerja ini ada tiga, untuk perencanaan berbasis  data, penguatan digitalisasi dan peningkatan kompetensi guru dan siswa. Kami harap tahun depan sekolah yang mendapat BOS kinerja bisa lebih banyak," tandas Darma Utama.7des

Komentar